Siapkan Prasarana Kesehatan di Sentra Ekonomi

Pemko Pekanbaru Bangun Puskesmas Wisata di Tengku Umar

Minggu,18 Oktober 2015 | 23:35:18 WIB
Pemko Pekanbaru Bangun Puskesmas Wisata di Tengku Umar
Ket Foto : Wali Kota meresmikan salah satu puskesmas di Kelurahan Delima Kecamatan Tampan baru-baru ini.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau membangun Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) wisata di pusat kota, tepatnya di Jalan Tengku Umar. 

 

"Berlokasi diantara kawasan sentra ekonomi, seperti hotel, mall, konsep Puskesmas wisata sangatlah diperlukan bagi masyarakat sekitar," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Minggu (18/10).  

 

Menurut Wako, Pemerintah Kota tidak akan kaku dalam hal menciptakan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai kebutuhan. Tujuannya bagaimana fasilitas yang disediakan diminati, dan tetap bisa bersaing dengan yang ditawarkan oleh swasta. Seperti ide membuat Puskesmas wisata ini, terang Firdaus, merupakan inovasi pemko dalam menciptakan pelayanan bagi masyarakat yang hidup diantara gedung menjulang dan pusat perekonomian.

 

"Disini banyak pegawai mall, hotel, restoran dan sebagainya yang berasal dari kalangan masyarakat sederhana," ujar Wako.  

 

Jika mereka tidak mampu berobat ke klinik mewah, maka ada puskesmas wisata yang bisa melayani 24 jam. Puskesmas wisata yang memakan biaya APBD Pekanbaru tahun 2015 sebesar Rp5,3 Miliar ini tentunya memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan klinik swasta yang kini juga menjamur di seputaran kawasan.     

Kalau mereka yang mampu bisa berobat ke klinik swasta, maka masyarakat kurang beruntung dapat memanfaatkan Puskesmas wisata dengan gratis. "Makanya Puskesmas wisata ini diharapkan setidaknya bisa memberikan pelayanan seimbang bagi masyarakat yang tidak mampu berobat ke tempat mahal," tutur Firdaus.  

 

Konsepnya Puskesmas Wisata ini sama dengan kebanyakan puskesmas lainnya, namun lingkungan, pelayanan, dan teknologi yang disediakan lebih moderen dan sedikit berkelas. Wako menambahkan Puskesmas ini akan diremikan Desember 2015 agar dapat beroperasi Januari 2016. "Progres pembangunan fisiknya sudah 58 persen, diperkirakan November finishing," pungkasnya. 

 

Seperti di diketahui tidak jauh dari lokasi bangunan Puskesmas Wisata telah berdiri Puskesmas Kota Pekanbaru, yang sudah berusia puluhan tahun. Namun kini beberadaan puskesmas ini terjepit diantara gedung menjulang dalam tatanan kesederhanaan dan memprihatinkan. Rencananya ketika gedung Puskesmas Wisata selesai, maka semua managementnya akan dipindahkan ke yang baru. (R01)


Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS