Hati - hati Hacker BBM, Kepala BPT-PM Pekanbaru Jadi Korban

Hati - hati Hacker BBM, Kepala BPT-PM Pekanbaru Jadi Korban
Akun BBM yani dihack

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penaman Modal (BPT-PM) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil pusing bukan kepalang. Pasalnya, akun Blackberry Messanger (BBM) miliknya dihacker oleh orang tak dikenal.

Lebih mengejutkan lagi, pelaku meminta sejumlah uang kepada rekan korban yang berteman di dalam kontak BBM tersebut. Kejadian bermula, Sabtu, 29 Oktober 2017 emarin. Saat itu dirinya mendapat telepon dari salah seorang rekanya yang mengkonfirmasi terkait kebenaran soal permintaan uang lewat akun BBM miliknya.

Jamil menyebut tidak pernah meminta uang kepada siapa pun melalui pesan singkat di BBM tersebut. Mengetahui adanya laporan itu, Jamil langsung mengecek BBM miliknya. Benar saja, akun BBM milikya tidak lagi bisa diakses.

"Saya keget, kok katanya saya ada minta uang lewat BBM, pas saya buka BBM saya, ternyata semua kontaknya tidak ada lagi," kata Jamil.

Menurut Jamil, sejumlah rekannya sudah tertipu. Sejauh ini sudah ada dua rekanya yang menjadi korban. Kata dia, dua rekannya itu telah mengirimkan uang ke nomor rekening pelaku. Jumlahnya bervariasi, mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp5 Juta.

"Itu kawan saya yang di aceh, sama yang di Pekanbaru kemarin nelpon, katanya udah transfer uangnya ke rekening yang dibbmkan oleh pelaku. Saya terkejut, ini murni penipuan," kata dia.

Ia minta siapa pun, jangan percaya jika ada yang minta uang mengatas namakan dirinya lewat akun BBM. Jamil mengaku akan segera membuat laporan resmi ke pihak kepolisian untuk mengungkap siapa pelakunya. Ia juga mengimbau kepada korban yang sudah tertipu untuk sama-sama melaporkan ke pihak kepolisian.

"BBM Pak Kordias Pasaribu juga kena hacker. Jadi pelakunya sudah mahir sekali ini. Mudah-mudahan ada celah bagi pihak kepolisian untuk mengungkap siapa pelakunya," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index