DANA SERTIFIKASI GURU TAK CAIR-CAIR...Ini Penjelasan Disdik

DANA SERTIFIKASI GURU TAK CAIR-CAIR...Ini Penjelasan Disdik
Abdul Jamal
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebulan jelang akhir tahun 2016, lebih kurang 4.000 guru masih menunggu dana sertifikasi anggaran triwulan III 2016 yang belum dicairkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan (Disdik).
 
"Masalahnya Surat Keputusan (SK) sertifikasi guru yang dikeluarkan pemerintah pusat belum rampung, kami sedang berupaya menggesa hal tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal, Senin 31 Oktober 2016.
 
Menurut Jamal, dana sertifikasi para guru Pekanbaru triwulan III sampai kini memang belum dibayarkan karena uang yang berasal dari pemerintah pusat belum ditransfer ke kas daerah melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.
 
Karena saat uni sedang proses verifikasi semua SK para guru penerima dana sertifikasi. Hal lain yang menjadi kendala dana, kata Abdul Jamal, yakni penyelesaian verifikasi tahap dua penerima sertifikasi.
 
Untuk verifikasi selama ini sebenarnya dilakukan dua kali setahun. Triwulan I dan triwulan II sudah selesai, saat kini masuk triwulan III.
 
Pada Triwulan III diakuinya memang agak lambat, karena harus verifikasi ulang. "Jadi guru-guru itu kami validasi lagi datanya, jadi butuh waktu," sebutnya dilansir antara. 
 
Ia menjelaskan proses verifikasi itu dilakukan instansi melakukan cek absen. Kemudian SK per orang untuk memastikan benar atau tidak guru yang bersangkutan mengajar. Kemudian ada administrasi yang meski dilengkapi.
 
"Sehingga proses pembayaran uang sertifikasi sedikit terlambat," terangnya.
 
Ia menambahkan dari 4.000 guru di Pekanbaru, sejauh ini lebih separuhnya sudah diverifikasi SK sertifikasinya.
 
"Total guru 4.000, sebanyak 3.000 lebih SK sertifikasinya sudah masuk," tegasnya lagi.
 
Ia mengatakan permasalahan sekarang bukan saja ada di Dinas Pendidikan tetapi di pusat.
 
Ia memperkirakan, paling lambat di pertengahan bulan 11 sudah rampung. Ia pun berjanji akan secepatnya diselesaikan. (R05)

Listrik Indonesia

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index