Antisipasi Kebakaran, BPB Damkar Imbau Pemilik Gedung dan Ruko Rutin Ganti Kabel

Antisipasi Kebakaran, BPB Damkar Imbau Pemilik Gedung dan Ruko Rutin Ganti Kabel
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sekretaris Dinas BPB-Damkar Hermanto Yasin menyebutkan, kasus kebakaran hingga kini jauh menurun jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.
 
Kondisi ini patut disyukuri, karena seringnya terjadi curah hujan, sehingga kebakaran lahan tidak terjadi seperti sebelumnya. Namun untuk kebakaran gedung berpotensi setiap hari terjadi kebakaran karena terjadinya arus pendek.
 
"Kasus kebakaran yang terjadi sampai saat ini sebanyak 79 kasus, sedangkan tahun lalu, kasus kebakaran capai 100 lebih," katanya, Selasa, 1 November 2016.
 
Menghindari potensi terjadinya kebakaran di rumah dan gedung, pemilik diminta waspada dengan kondisi kabel sebagai penyalur arus. 
 
"Daya tahan kabel tersebut hanya 10 tahun, jika lebih diharapkan untuk dapat menggantinya. Hal ini supaya terhindar dari arus pendek," jelasnya.
 
Selain itu, Hermanto mengajak masyarakat dan pemilik bangunan agar memiliki racun api. Keberadaannya di rumah sangat membantu dalam mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran.
 
"Harganya juga tidak mahal, untuk berat 3 Kg, hanya sekitar 300-400 ribu saja. Sedangkan isi ulangnya hanya sekitar 200 ribu," sambungnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index