Tak Dialiri Listrik, Ratusan Desa di Riau Masih Gelap Gulita

Tak Dialiri Listrik, Ratusan Desa di Riau Masih Gelap Gulita
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tahun depan, PLN Wilayah Riau mulai memberikan perhatian di 200 desa yang tersebar di kabupaten kota yang sampai sampai saat ini belum dialiri listrik. 
 
Begitu juga dengan daerah yang masih minim daya akan dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik.
 
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Riau Syahrial Abdi.
 
"Ada 200 desa, semua sudah kita petakan. Insya Allah tahun depan prioritas PLN juga akan mengarah ke desa-desa yang belum teraliri atau daya yang kurang di daerah," kata Syahrial, kemarin.
 
Mantan Karo Kesra Setdaprov Riau ini optimis hal itu akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Hal itu karena program kerja yang selama ini dilakukan terkesan ego sektoral tidak ada lagi. Antara pemerintah provinsi dan PT PLN Riau harus sejalan dalam menentukan arah kebijakan. 
 
"Misalnya, penyediaan infrastruktur dan ketenagalistrikan. Semua yang dibangun PLN disepakati di share ke kita informasinya. Semua perencanaan infrastruktur dan ketenagalistrikan begitu sebaliknya, jadi tak ada lagi ego sektoral," papar Syahrial.
 
Dengan begitu, harapan pemerintah provinsi untuk meminimalisir desa yang belum bisa menikmati aliran listrik bisa berjalan seperti yang direncanakan. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index