KUNKER KE DUMAI, Menperin Bahas Persiapan Zona Ekonomi CPO

KUNKER KE DUMAI, Menperin Bahas Persiapan Zona Ekonomi CPO
Airlangga Hartarto
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berkunjung ke Kota Dumai untuk membahas persiapan zona ekonomi crude palm oil (CPO) di Kawasan Industri Dumai Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Kamis, 3 November 2016.
 
Kunjungan Menperin ke Dumai melalui Bandara Pinang Kampai didampingi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Wali Kota Dumai Zulkifli As serta jajaran pimpinan daerah.
 
Informasi diterima, Airlangga Hartarto direncanakan melakukan pertemuan dengan unsur perusahaan dan kepala daerah terkait rencana menjadikan Dumai sebagai kawasan ekonomi CPO.
 
Sebelumnya, Menperin mendorong Kota Dumai masuk dalam zona ekonomi CPO berdasarkan kesepakatan bersama dengan Malaysia dalam Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) di Pekanbaru Riau belum lama ini.
 
Pembentukan zona ekonomi CPO untuk mendorong produksi CPO dan memperkuat daya saing kawasan penghasil kelapa sawit di kancah Internasional. Karena itu perlu kesepakatan dan persamaan pemikiran dua negara mengingat Indonesia dan Malaysia merupakan pemain CPO terbesar di dunia bertujuan menyamakan standar.
 
"Riau punya daerah perindustrian strategis berbatasan dengan Malaka dan harus dapat dijadikan peluang kerjasama dengan Malaysia, dan khusus Dumai masuk dalam kawasan zona ekonomi CPO," katanya.
 
Kementerian Perindustrian RI bersama organisasi produsen minyak sawit atau CPOPC telah menetapkan sejumlah zona ekonomi di Indonesia, yaitu Dumai Provinsi Riau, Sei Mangke Provinsi Sumatera Utara dan Kalimantan Timur.
 
Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As menyebut pembahasan persiapan zona ekonomi CPO dengan Menteri Perindustrian RI memang sudah dijadwalkan sekaligus untuk koordinasi."Kita masih terus lakukan koordinasi terkait zona ekonomi CPO ini," sebut kepala daerah. (R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index