Punya Stok Anggaran Rp112 Miliar, Dana Sertifikasi Guru di Riau harusnya Aman...

Punya Stok Anggaran Rp112 Miliar, Dana Sertifikasi Guru di Riau harusnya Aman...
Ilustrasi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Pekanbaru meminta para guru tidak khawatir terkait dengan pemotongan anggaran oleh pemerintah pusat untuk dana sertifikasi guru.

Provinsi Riau masih memiliki alokasi dana untuk  tunjangan profesi guru di kas daerah hingga saat ini dengan besaran mencapai Rp112 miliar.

"Artinya tunjangan profesi guru tersebut  masih utuh kendati kebijakan pusat menetapkan pemotongan anggaran di APBN-P 2016," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, dalam keteranganya di Pekanbaru, Sabtu, 5 Nopember 2016.

Pendapat demikian disampaikannya terkait tunjangan profesi guru PNS daerah secara nasional dipotong sebesar Rp23,3 triliun yang merupakan selisih pagu anggaran di APBN-P 2016 Rp69,7 triliun, sementara di progonosis pagunya hanya butuh Rp46,4 triliun.    

Menurut dia, kebijakan pusat terkait pemotongan anggaran untuk tunjangan profesi guru PNS daerah tidak akan berpengaruh, karena Pekanbaru masih memiliki deposit dana sertifikasi.

Kini, katanya lagi, besaran dana sertifikasi guru yang masih tersedia  Rp112 miliar, itu pun jika digunakan untuk membayar kebutuhan tunjangan profesi guru PNS daerah pertriwulannya hanya akan menghabiskan Rp51 miliar.

"Sesuai ketersediaan anggaran hingga akhir tahun kebutuhan dana bagi para guru masih mencukupi bahkan berlebih. Apalagi kini hanya tinggal pembayaran triwulan IV (akhir), karena triwulan III sudah dibayarkan," katanya.

Ia mengatakan, kebijakan pemotongan anggaran untuk tunjangan profesi guru sebesar Rp23,3 triliun di APBN Perubahan 2016, ditetapkan pemerintah lebih karena ada guru yang pensiun, atau jam kerjanya yang tidak mencukupi dan sebagainya.(R01/i)  
 

Listrik Indonesia

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index