TERNYATA...Kampar Penyumbang Produksi Ikan Terbesar di Riau

TERNYATA...Kampar Penyumbang Produksi Ikan Terbesar di Riau
Ilustrasi
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Kabupaten Kampar merupakan penyumbang terbesar produksi ikan budidaya air tawar di Provinsi Riau. 
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa tahun 2015, sekitar 66,97 persen produksi perikanan budidaya Provinsi Riau atau sebanyak 57.868,63 ton di sumbangkan Kabupaten Kampar. Adapun total produksi perikanan budidaya Provinsi Riau mencapai 86.406,31 ton.
 
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Usman Amin mengatakan bahwa potensi perikanan budidaya di Kampar memang luar biasa. Harapan terbesarnya adalah produksi budidaya Kabupaten Kampar tidak hanya mampu mencukup kebutuhan pasar di Provinsi Riau tetapi juga untuk pasar Indonesia bahkan hingga luar negeri.
 
“Sektor perikanan budidaya air tawar dikembangkan dengan baik di Kabupaten Kampar” lanjut Usman. Di Kampar sudah dikembangkan sentra-sentra produksi dan olahan. 
 
“Kampar sudah punya kampung Patin sebagai salah satu sentra produksi ikan patin” ujar Usman. 
 
Selain itu juga Kampar sudah memiliki sentra pengolahan ikan. “Produksi ikan patin dari sentra patin sebagian masuk ke sentra pengolahan ikan yang dibangun oleh dinas” ungkap Usman. (R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index