Pemko Dumai Sosialisasikan Program Kota Tanpa Kumuh

Pemko Dumai Sosialisasikan Program Kota Tanpa Kumuh
Kantor Walikota Dumai
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Badan Perencana Pembagunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai mengadakan lokakarya sosialisasi dan strategi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) diikuti puluhan peserta perwakilan SKPD dan BKM.
 
Kepala Bappeda Kota Dumai Marjoko Santoso mengatakan, sosialisasi digelar mengacu pada amanat Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 dan Undang-Undang Dasar 1945.
 
Menurut dia, program Kotaku merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman perkotaan untuk mendukung terwujudnya layak huni, produktif dan berkelanjutan.
 
"Pemerintah Kota Dumai berkomitmen melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh secara tuntas," kata Marjoko.
 
Upaya Pemko Dumai melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau, dan Dumai telah menargetkan pada 2019 menjadi kota nol persen tanpa kumuh.
 
Sementara, Asisten III Mustafa Kadir mengatakan, target 100-0-100 dan penanganan kawasan kota kumuh ini harus tuntas pada 2019, karena itu semua pihak yang ada harus bersedia untuk bekerjasama menata kualitas kawasan permukiman agar lebih baik.
 
"Dalam mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan serta pencapaian target 100-0-100 sangat ditentukan oleh kontribusi dan peran serta antara pemerintah daerah, masyarakat dan stakeholder terkait," sebutnya.
 
Dia berharap, sosialisasi yang digelar menghasilkan berbagai strategi penanganan kawasan kumuh di Kota Dumai. (R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index