MULAI DIBAHAS...Estimasi APBD RIAU 2017 Rp8 Triliun Lebih

MULAI DIBAHAS...Estimasi APBD RIAU 2017 Rp8 Triliun Lebih
Asri Auzar
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi Riau melalui TAPD  (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan DPRD Riau melalui Banggar (Badan Anggaran) sudah mulai melakukan pembahasan RAPBD (Rancangan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah) 2017.  
 
Estimasi Pendapatan hanya mencapai Rp 8 triliun lebih, Pemprov diminta mencari penambahan.Ini dikatakan oleh salah seorang Anggota Banggar DPRD Riau, Asri Auzar setelah mengikuti rapat Banggar dengan TAPD di ruang Medium. 
 
"Sebelum menyusun angaran, terlbih dahulu dibahas pendapatan. Sesuai dengan apa yang disampaikan pendapatan mencapai Rp 8T lebih. Kita berharap pada Pemprov untuk mencari lagi penambahan pendapatan itu sehingga junlahnya  lebih dari itu", jelasnya, Senin, 14 November 2016.
 
Diakui oleh Sekretaris Komisi D ini, pendapatan 2017 masih memungkinkan untuk ditingkatkan.  Potensi masih banyak, tinggal lagi kreativitas dari instansi terkait dalam menggali potensi yang ada tersebut. 
 
"Misalnya masalah pajak kndran bermotor. Dispenda bisa saja mmbuat kebijakan, bagi kendaraan yang sudah lama mati pajaknya, untuk mengurus kembali tidak usah membayar atau hanya dibayar 50% saja. Tentu ini akan membuat masyarakat mau urus pajaknya," jelasnya.
 
Ditambahkan juga oleh Politisi Demokrat ini, beberapa pendapatan yang bisa digali dengan cara optimal selain pajak kendaraan adalah pajak rokok dan berbagai retribusi yang ada. 
 
"Belum lagi pihak terkait yang memiliki alat berat. Ini harus jelas berapa pendapatannya dari sewa atau pajaknya", katanya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index