JANGAN LEWATKAN...Malam Ini Ada Fenomena Supermoon

JANGAN LEWATKAN...Malam Ini Ada Fenomena Supermoon
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Jangan lewatkan fenomena supermoon sebelum berganti tahun pada malam nanti. Dikutip BBC, supermoon kali ini bakal istimewa.
 
Pasalnya, ini menjadi jarak terdekat bulan dari bumi sejak 1948. Jarak terdekat bulan ke bumi memang akan terulang kembali. Pada November juga. Tepatnya di 25 November. Namun, pada tahun 2034. Jadi, siapkan diri untuk menyaksikan keajaiban dunia tersebut malam ini.
 
Negara yang paling baik untuk melihat fenomena tersebut di Inggris pada Senin, 14 November 2016. 
 
Untuk waktu Indonesia bagian barat, waktu terbaik melihat supermoon sekitar pukul 18.21 WIB. Saat itu, bulan bakal berjarak hanya 356,509 kilometer dari bumi. Sangat dekat.
 
Untuk yang melihat, bulan akan terlihat tujuh persen lebih besar dari normalnya dan 15 persen lebih terang. Meski dengan mata telanjang, agak sulit melihat perbedaan itu. Meski demikian, para pengamat langit sudah tidak sabar menantikan kejadian langka itu.
 
”Perbedaannya memang sangat sedikit. Dan, karena terjadi dimusim dingin dengan kemungkinan ada mendung, jadi bakal sulit melihat perbedaannya tanpa ada pembanding,” ulas Dr Chris North kepada situs The Conversation. Meski demikian, tanpa melihat bentuk dan sinarnya, supermoon adalah subjek cantik untuk dilihat,” sambungnya.
 
Bill Ingalls, fotografer senior NASA, memberikan saran bagi mereka yang berniat mengambil gambar fenomena ini. Salah satu sarannya adalah mengambil gambar bulan dengan objek lain di dekatnya. 
 
”Jangan ambil gambar bulannya saja. Semua orang bakal melakukan itu,” ujarnya.
 
Ingalls menyarankan untuk kreatif saat menjepret si bulan. ”Latar belakang bulan yang terang dengan siluet bangunan atau objek lain dari dataran,” sambungnya.
 
Bagaimana dengan menggunakan kamera ponsel? ”Relatif. Buat saya memang bikin frustrasi. Tetapi, itu juga tantangan. Anda mungkin tidak akan dapat foto bulan sebesar raksasa di layar, namun Anda bisa bermain panorama dengan latar belakang yang menarik,” katanya seperti dikutip Daily Mail.
 
Untuk mendapatkan cahaya yang tepat dengan menggunakan smartphone, Ingalls kasih saran berikut. ”Tekan layar Anda di objek foto untuk fokus kemudian slide ke atas dan bawah untuk merendahkan atau menaikkan exposure-nya,” ulasnya. (R02/Jpg)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index