Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs)

Kabupaten Meranti Jadi Pilot Project SDGs di Provinsi Riau

Kabupaten Meranti Jadi Pilot Project SDGs di Provinsi Riau
Wabup saat membuka acara
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka acara Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) di Kabupaten Kepulauan Meranti di aula Kantor Bupati, Selasa, 15 November 2016.
 
SDGs merupakan kerangka pembangunan yang lebih komprehensif dan mencakup lebih banyak aspek pembangunan dibanding The Millenium Development Goals (MDGS) yang telah berakhir pada tahun 2015 lalu.
 
Turut hadir dalam acara itu, Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi, Pihak Bappeda Provinsi Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti, serta perserta perwakilan SKPD lainnya.
 
Dalam kegiatan itu dengan pertimbangan kondisi geografis dan potensi daerah yang dimiliki, seperti dikatakan pihak Bappeda Provinsi Riau, Kabupaten Kepulauan Meranti telah dijadikan Pilot Project SDGs dan berharap penunjukan itu akan membuat Kabupaten Meranti  mendapatkan perhatian lebih besar dari Pemerintah Provinsi Riau dan UNDP. 
 
"Sehingga Kabupaten Meranti dapat mencapai target SDGs sebagaimana yang diinginkan oleh Kabupaten lainnya di Provinsi Riau," ujar Wabup.
 
Kedepan dalam rangka membangun Kep. Meranti, Wabup. H. Said Hasyim meminta kepada seluruh pimpinan SKPD untuk menyiapkan data yang lengkap terkait usulan program yang akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau. 
 
Hal itu untuk mempermudah pihak terkait ditingkat Provinsi untuk mengevaluasi dan merealisasikan program tersebut. Termasuk juga kepada pihak-pihak pemerhati kehidupan sosial yang dapat membantu melalui Program CSR dibadan-badan dunia seperti UNDP dan pihak swasta lainnya.
 
Sekedar informasi tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan kesepakatan Internasional terdiri dari 17 tujuan dan 169 target. Target-target itu akan menjadi acuan agenda pembangunan dunia dalam kurun waktu 15 tahun kedepan (2016- 2030). 
 
Didasari hal tersebut maka tujuan SDGs adalah menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kwalitas pendidikan, kesetaraan gender, pengadaan fasilitas air bersih dan sanitasi, akses keenergi yang terjangkau, pertumbuhan ekonomi, inovasi dan infrastruktur, mengurangi ketimpangan, pembangunan berkelanjutan, konsumsi dan produksi berkelanjutan, mencegah dmpak perubahan iklim, menjaga sumber daya laut, menjaga ekosistem darat, perdamaian dan keadilan dan revitalisasi serta kemitraan global. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index