Tingkatkan Kemampuan, IJTI Riau Gelar Workshop Jurnalis Riau dan Migas

Tingkatkan Kemampuan, IJTI Riau Gelar Workshop Jurnalis Riau dan Migas
ilustrasi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Guna meningkatkan kemampuan insan Pers Riau, terutama jurnalis televisi dan fotografer, IJTI Riau bekerjasama dengan, Badan Operasi Bersama PT. Bumi Siak Pusako - Pertamina Hulu, menggelar workshop Jurnalistik Migas (minyak bumi dan gas) bagi videografi dan fotografer di Riau.

Perwakilan B-O-B, yang memahami masalah migas, hadir sebagai narasumber dalam workshop ini.

Workshop atau pelatihan bagi insan Pers Riau, terutama bagi jurnalis televisi dan fotografer yang digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia - IJTI Riau ini, berlangsung di salah satu hotel berbintang di kota pekanbaru, Selasa, 15 Nopember 2016.

Seratus peserta yang hadir dalam workshop, terdiri dari Jurnalis, fotografer, dan videografer, dari media cetak, elektronik dan online, lokal dan nasional.

Workshop dengan tema Jurnalistik Migas yang digelar IJTI Riau ini, bekerja sama dengan Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu. Selain peserta dan pengurus IJTI Riau, workshop juga dihadiri Eksternal Affair Manager Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu, Iskandar.

Ketua IJTI Riau, Peramasdino Syafri mengatakan, pelatihan terhadap insan pers riau, terutama jurnalis televisi, merupakan acara rutin yang digelar IJTI Riau setiap tahunnya.

“Sasaran dari digelarnya workshop dengan tema Jurnalistik Migas bagi jurnalis ini, sebagai upaya peningkatan kemampuan jurnalis dalam peliputan migas”. Diakui Dino.

 “Meski perusahaan migas banyak di Riau dan Riau dikenal dengan daerah penghasil migas, peliputan jurnalis terkait migas di riau ini, masih sangat minim”.

Untuk itu perlu adanya pelatihan jurnalistik Migas ini guna lebih membuka wawasan dan pola pikir para jurnalis dalam hal peliputan Migas.  

Ketua Panitia Yudi Saputra menyebutkan Pelatihan jurnalistik Migas ini menampilkan pemateri Airlangga Pratama Akbar (team manager Zamrud BOB PT BSP-Pertamina Hulu), Bagus Himawan (Media Indonesia) untuk penulisan cetak dan online, Said Mufhti (Redaktur Foto Harian Riaupos) yang memberikan teknik pengambilan foto serta Oki Sulistyo (Net Tv) yang memberikan teknik pengambilan video berita.

Dalam paparannya, Airlangga Pratama Akbar, memberikan pemahaman tentang minyak bumi dan gas kepada peserta. Khususnya terkait pemaparan tentang operasional (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu yang merupakan salah satu bumd di riau.

“Cadangan  minyak yang dimiliki Badan Operasi Bersama (BOB), masih bisa bertahan hingga seratus tahun. Kondisi ini diketahui dari sumur sumur minyak yang berpotensi untuk berproduksi. Namun sifatnya kondisional, jika dikelola dengan baik dan  tepat, cadangan minyak tersebut bisa bertahan lama " jelas Airlangga.

Pengelolaan yang tepat, dengan cara memproduksi minyak sesuai kebutuhan. Hasil minyak tersebut tidak hanya dinikmati saat ini, tapi juga memperhatikan masa depan anak cucu dimasa yang akan datang.

Sebagai bentuk penghargaan kepada BOB PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu yang berperan dalam workshop, diakhir acara Ketua IJTI Riau Peramasdino Syafri, memberikan piagam penghargaan yang diterima Eksternal Affair Manager Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu, Iskandar. (R01/r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index