Penunjukan 25 Lurah Baru di Pekanbaru

MAAF...Tak Ada Seleksi Terbuka, Cukup Lewat Baperjakat

MAAF...Tak Ada Seleksi Terbuka, Cukup Lewat Baperjakat
Edwar Sanger
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hampir rampungnya pembentukan 25 kelurahan baru di Kota Pekanbaru, dengan begitu akan ada 25 jabatan Lurah baru yang bakal ditunjuk.
 
Penunjukan dilakukan berdasarkan kompetensi, namun tidak melalui seleksi terbuka. 
 
25 kelurahan baru ini akan menambah jumlah kelurahan di 12 kecamatan dari sebelumnya 58 menjadi 83 kelurahan. Rencananya, awal 2017 akan mulai beroperasi. 
 
Sebagai persiapan, sosialisasi dilakukan dan pengadaan infrastruktur kantor direalisasikan dengan cara menyewa rumah toko (ruko) atau rumah warga. 
 
Demikian disampaikan Plt Wali Kota (Wako) Pekanbaru Edwar Sanger SH MSi, Rabu, 16 November 2016.
 
"Persiapan sudah matang. Bahkan untuk fisik, seperti kantor, sarana dan prasarana sudah siap 100 persen," kata Edwar.
 
Ia memaparkan, untuk penunjukkan aparat yang akan menduduki jabatan Lurah di 25 Kelurahan tersebut dilakukan dengan seleksi terbatas. "Ditunjuk berdasarkan kompetensi. Ini lewat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)," imbuhnya.
 
Menyoal alasan mengapa tidak dilakukan seleksi terbuka, Edwar mengatakan ini terkait tingkatan jabatan. "Tidak perlu lah kita buka assessmentnya secara terbuka, karena ini kan untuk eselon IV. Kecuali untuk eselon II baru kita buka assesmen," jelasnya.
 
Pemekaran ini disetujui setelah peraturan daerah (Perda) Nomor 4/2016 yang menaunginya disahkan. Operasional kelurahan yang baru ini akan berjalan serentak, meski peresmian yang akan dilakukan Plt Wali Kota (Wako) Pekanbaru Edwar Sanger nanti dilakukan di satu titik.
 
Realisasi pemekaran kelurahan nantinya akan menjadi cikal bakal dilakukannya pemekaran kecematan di Kota Pekanbaru.  (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index