Sudah Akhir Tahun, Realisasi PAD Pekanbaru dari PBB hanya 52 Persen

Sudah Akhir Tahun, Realisasi PAD Pekanbaru dari PBB hanya 52 Persen
Kendi Harahap
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hingga pertengahan November 2016 ini serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Pekanbaru dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Pekanbaru masih jauh dari target yang diharapkan.
 
Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pekanbaru Kendi Harahap mengatakan target yang ditetapkan dari sektor PBB mencapai Rp104 miliar namun realisasinya Rp54,8 milliar. Dengan begitu dari jika dpersentasekankan hanya 52, 6 persen.
 
Padahal, ia mengakui jumlah wajib pajak (WP) yang membayar kewajibannya semakin banyak seiring dengan diperpanjangnya masa pembayaran pajak sampai 30 September. 
 
"PBB di bawah Rp100 ribu tidak dibebankan atau nol persen," ujarnya.
 
Lanjutnya, WP juga sudah diberikan kemudahan untuk membayar pajak. Proses pembayaran bisa dilakukan melalui BNI 46 dan juga Bank BJB. Dengan begitu, Wajib Pajak tidak perlu lagi antrian berlama-lama di loket pembayaran Dispenda.
 
Untuk meningkatkan realisasi PAD PBB ini, Dispenda lakukan sistem jemput bola. Wajib Pajak dengan pajak Rp2 juta ke atas maka akan dijemput secara langsung ke wajib pajak.
 
"Kita terus genjot PBB ini dengan jemput bola," imbuhnya.  (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index