Plt Sekda Buka Seminar Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah di Kabupaten Meranti

Plt Sekda Buka Seminar Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah di Kabupaten Meranti
Plt Sekda saat membuka acara
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Julian Norwis SE MM, membuka secara resmi Seminar Akselerasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Provinsi Riau di Kabupaten Meranti.
 
Kegiatan Biro Kesra Provinsi Riau dan Bagian Kesra Sekdakab Meranti dalam rangka mensosialisasikan prilaku hidup sehat kepada anak didik itu, dipusatkan di Aula Kantor Bupati, Jumat, 18 November 2016.
 
Turut hadir dan bertindak sebagai pembicara, Kabiro Kesra Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabag Pemberdayaan Perempuan Drs. Alizar, Kabag Kesra Pemkab. Meranti Drs. Rosdaner, para peserta yang terdiri dari Bagian Kesra Kabupaten Meranti, Pihak Kemenag Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah serta Guru Pengelola UKS.
 
Dalam sambutannya, Plt. Sekda mengapresasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan itu sangat strategis dalam membudayakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari sekolah. Dengan membudayakan hidup bersih sejak dini, dikatakan Plt. Sekda dapat memberikan pondasi yang kuat kepada anak agar tebiasa hidup sehat.
 
"Sekolah berfungsi sebagai tempat belajar, namun suatu sisi lingkungan sekolah juga dapat menjadi ancaman penuluaran penyakit, bila tidak dikelola dengan baik. Disinilah peran tim penggerak UKS Kabupaten Meranti berkoordinasi dengan sekolah untuk melakukan pembinaan," Jelas Plt. Sekda.
 
Dan yang utama menurut Sekda, Tim Penggerak UKS maupun para guru pengelola UKS di sekolah harus mengerti dengan tugasnya. Sehingga usaha yang dilakukan dalam membina prilaku sehat disekolah dapat berjalan dengan optimal.
 
Agar usaha membudayakan hidup sehat yang dimulai sejak dini, yang fokus pada lingkungan sekolah berjalan maksimal, sangat dibutukan koordinasi antar dinas dan instansi terkait. Koordinasi ini untuk sama-sama melaksanakan fungsinya serta saling mengisi. "Untuk memajukan UKS ini dibutuhkan juga koordinasi dinas terkait mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kandepag serta pihak lainnya," jelas Plt. Sekda.
 
Sementara Kabro Kesra Provinsi Riau yang diwakili Kabag Pemberdayaan Perempuan Drs. Alizar, mengungkapkan, Biro Kesra Provinsi Riau telah memilih 3 daerah yang dijadikan pilot project akselerasi usaha kesehatan sekolah yakni Kabupaten Meranti, Kabupaten Siak dan Rokan Hulu. 
 
Diharapkan melalui kegiatan yang dilaksanakan itu dapat mempercepat upaya kesehatan sekolah dalam rangka memberikan pemahaman kepada anak didik akan pentingnya prilaku sehat agar anak-anak tumbuh sehat, harmonis dan berkwalitas. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index