Diduga Arus Pendek

DUARRRRR... Speedboat Terbakar di Perairan Inhil, Penumpang Panik

DUARRRRR... Speedboat Terbakar di Perairan Inhil, Penumpang Panik
Speedboat yang terbakar di perairan Inhil
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Sebuah speedboat dengan tujuan Tembilah Kuala enok - Kuala enok Tembilahan yang bermuatan 21 penumpang dengan rute Kuala Enok menuju Ibu Kota Tembilahan, meledak diperairan Indragiri, tepatnya di parit 21 Tembilahan, sekitar 15.50 Wib, Rabu sore, 23 November 2016.
 
Menurut penuturan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, H.Yusfik terbakarnya speedboat dinakhodai M Yusuf tersebut diakibatkan konseling/arus pendek di bagian mesin mengakibatkan bunyi ledakan pada tengki bahan bakar. 
 
"Mendengar laporan peristiwa itu, Tim BPBD dan Basarnah langsung melakukan pertolongan terhadap korban. Saat ini kondisi penumpang berjumlah 21 orang telah dievakuasi," ungkap Yisfik seperti dimuat spiritriau.com.
 
Dikatakan Yusfik lagi, para korban saat ini dalam konsisi selamat. Akan tetapi sebagian penumpang ada yang pingsan akibat kelelahan berada diair.
 
"Saat kejadian, para penumpang terjun kelaut menghindari ledakan api yang membara. Dikarenakan kelelahan, para penumpang ada yang pingsan saat dievakuasi. Saat ini, para korban sudah dibawa ke RSUD Puri Husada Tembilahan untuk dilakukan perawatan," katanya lagi. 
 
Yusfik menghimbau kepada para pengusaha Speedboat tambang agar selalu berhati dan wajib memiliki alat pemadam api ringan (apar) sebagai langkah awal dalam pemadamanan menjelang datangnya bantuan.
 
 
Sementara itu Kapal Pol IV- 2600 penjagaan Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil berkerja sama dengan Kapal Pol IV- 3001 Dit Polair Polda Riau, melakukan penyelamatan terhadap korban.
 
Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung, SIK melalui Kasat Polair Polres Inhil AKP Awaluddin Dalimunte menyebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi sekira pukul 15.00 WIB, SB. Yusrifa yang  berangkat dari Tembilahan dengan tujuan Kuala Enok, namun sekira pukul 15.30 WIB, di Perairan Sungai Indragiri Tembilahan Parit 19, tepatnya di depan Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil,  mesin speedbot mengalami kerusakan.
 
"Setelah diperbaiki oleh ABK Speed Boat,  selanjutnya mesinnya kembali distarter namun tiba-tiba timbul percikan api dari kabel aki dan menyambar ke mesin sehingga menimbulkan kebakaran," ungkapnya 
 
Lebih lanjut ia menyebutkan, Melihat kejadian tersebut Personel Sat Polair Polres Inhil yang sedang piket di Mako Sandar Satpol Air Polres Inhil dibantu Personel Kapal Pol IV-3001 Dit Polair Polda Riau segera melakukan pertolongan dengan mengevakuasi penumpang sebanyak 21 orang sesuai dengan Daftar Manifes Penumpang SB Yusrifa dan 3 orang ABK ke Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil dalam keadaan selamat.
 
"Sedangkan Speedboat tersebut tidak dapat diselamatkan dan habis terbakar serta tenggelam di perairan Parit 21 di depan Pelabuhan Pemda Inhil," tuturnya lagi.
 
Akibat kejadian tersebut ditaksir kerugian mencapai lebih kurang Rp130.000.000.- (Seratus Tiga Puluh Juta Rupiah). (R17/Src)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index