Kapolres Meranti Irup Apel Ke-Bhinekaan Tingkat Ka

Minta Masyarakat Jaga Ketertiban dan Kamtibmas serta Keutuhan NKRI

Minta Masyarakat Jaga Ketertiban dan Kamtibmas serta Keutuhan NKRI
Apel Ke-Bhinekaan Tingkat Kabupaten Meranti
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP. Barliansyah bertindak sebagai Pembina Apel Ke-Bhinekaan Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Kegiatan Apel dalam rangka kesiap-siagaan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, dan stabilitas Nasional tersebut, dipusatkan dihalaman kantor Bupati, Kamis pagi, 24 November 2016.
 
Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, Asisten II Adan Asisten III Sekdakab. Meranti, Pejabat Eselon II, III dan IV Dilingkungan Pemkab. Meranti, Dandim Bengkalis, Danramil Selatpanjang, Perwakilan Kejari, Depkum HAM, Wakapolres Meranti, Ketua MUI, Ketua LAM, Ketua PSMTI dan Ketua Ormas/LSM lainnya, Para Tokoh Masyarakat/Agama/Adat, serta Pimpinan Bank dan Perbankan.
 
Dalam maklumat Kapolda Riau yang dibacakan, terkait maraknya penyampaian pendapat dimuka umum yang dilakukan oleh orang, sekelompok orang diwilayah hukum Polda Riau dihimbau:
 
1. Agar mematuhi aturan Undang-Undang sebagai mana tercantum dalam UU No 9 Tahun 2009 Tentang kemerdekaan penyampaian pendapat dimuka umum, kewajiban, larangan dan sangsi, jika tidak mematuhinya akan dilakukan tindakan tegas oleh Kepolisian.
 
2. Penyampaian Pendapat harus dilakukan dengan tertip dan santun, serta tidak melanggar HAM, dilarang membawa senjata tajam, peledak dan benda berbahaya lainnya.
 
3. Tidak menggangu ketertiban, memprovokasi, merusak simbol/lambang negera  
dengan maksut merendahkan harkat dan martabat bangsa.
 
4. Segala tindakan Makar akan diberikan tindakan tegas sesuai UU, mulai dari penjara, hukuman seumur hidup, sampai hukuman mati.
 
Polda Riau berharap, apa yang dimaklumatkan itu dapat dipatuhi dan dilaksanakan oleh semua pihak.
 
Sebagai komitmen untuk menjaga kedamaian dan ketertiban diwilayah hukum Polres Meranti. Pada kesempatan itu dilakukan penyampaian pernyataan sikap cinta damai oleh perwakilan Ormas/LSM dan  Pemda. Dalam hal ini Ormas diwakili oleh Perwakilan Pemuda Pancasila, Pemda oleh Kabid Kepemudaan Dinas Pariwisata Azwan dan Kadis Kesehatan Irwan Suwandi.
 
Lebih jauh dalam kata sambutannya Polda Riau menjelaskan, secara umum kondisi Kamtibmas diwilayah hukum Polda Riau dalam keadaan aman dan kondusif, dibuktikan dengan aktifitas masyarakat dan pembangunan berjalan aman dan normal. Situasi itu harapnya, dapat dijaga dan dipertahankan, agar laju ekonomi dan pembangunan berjalan dengan baik dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Riau.
 
Perihal aksi umat Muslim terhadap dugaan kasus penistaan agama, sudah berjalan tertip aman dan damai, hal itu dikarenakan adanya sikap saling menghormati antara Polri dan saudara muslim yang melakukan unjuk rasa. "Terima kasih pada semua pihak, tokoh ulama, pimpinan adat tokoh pemuda yang telah mempercayakan kepada Polri dalam menjaga stabilitas keamanan. Baik dalam penyampaian pendapat dimuka umum maupun kegiatan lainnya.
 
Terkait kasus tersebut, dijelaskan Kapolda Riau, masih dalam proses hukum, orang no,or satu dijajaran Polda Riau itu berharap, seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan kepecayaan sepenuhnya pada Polri, dalam menjalankan  proses hukum secara transparan, profesional akuntabel dan tidak ada tekanan dari pihak manapun.
 
Kapolda juga mengajak semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan tidak terpancing dengan isu yang dapat memecah belah NKRI. "Bila ada pihak yang mencoba menganggu, maka Polri bersama unsur TNI dan kompon masyarakat akan menindak tegas berdasarkan peraturan dan perundang udangan yang berlaku," tegas Kapolres Meranti AKBP. Barliansyah menirukan himbauan Kapolda.
 
Akhir kata, Barliansyah berharap maklumat Kapolda Riau terkait penyampaian pendapat dimuka umum itu, hendaknya menjadi aduan masyarakat dalam menyampaikan pendapat, dapat dimengerti, dipatuhi dan dilaksanakan bersama agar Kamtibmas di Riau dapat terjaga dengan baik.
 
"Karakter Riau yang agamis, ramah tolong menolong dapat dijadikan modal menjaga Kambtimas dan keutuhan bangsa," ucapnya.
 
Sementara kepada jajaran Kepolisian dan pihak Kemanan Kapolda Riau menghimbau untuk melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksi. "Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada allah sebagai landasan melaksankan tugas, pahami UU dalam menjaga keamanan, jaga kebersamaan, tingkatkan disiplin anggota Polri dan TNI serta Pemerintah yang melakukan tindakan pengamanan dan berikan pelayanan terbaik," pungkasnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index