Wujudkan SIAP BEDELAU, Enam Kepala Bappeda Lakukan Pertemuan di Pelalawan

Wujudkan SIAP BEDELAU, Enam Kepala Bappeda Lakukan Pertemuan di Pelalawan
Suasana rapat
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Guna menindak lanjut kerjasama pembangunan Konektivitas Wilayah Riau Pesisir dan Pengembangan Pembangunan Pariwisata, Ekonomi serta Sosial Budaya.
 
Enam perwakilan daerah Kabupaten/Kota Provinsi Riau, lakukan pertemuan di aula kantor Bappeda, Kamis, 24 November 2016.
 
Demikian informasi disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir M Syahrul Syarif. 
 
Ia mengatakan adapun agenda pertemuan Kepala Bappeda dari 6 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau adalah membahas lebih lanjut tentang kerjasama pembangunan  antar daerah SIAP BEDELAU (Siak-Pelalawan-Bengkalis-Dumai-Kepulauan Meranti) dan Rokan Hilir.
 
"Pertemuan ini sangat strategis, kita ingin menyatukan persepsi guna mencapai tujuan bersama untuk menjadikan Kawasan SIAP BEDELAU terdepan di Pulau Sumatera," ujarnya, khususnya pembangunan konektivitas wilayah Riau Pesisir dan pembangunan pariwisata, ekonomi dan sosial budaya di 6 Kabupaten/Kota.
 
Lantas apa yang menjadi target dari pertemuan ini, Ir M Syahrul Syarif mengatakan bahwa targetnya adalah terlaksananya pembangunan jalan lintas pesisir Riau dan konektivitas jalur pelayaran yang layak dan didukung dermaga yang baik di pesisir Riau.
 
"Ya, usaha ini akan berhasil, jika kita dapat menyatukan persepsi dengan tekad, komitmen kuat. Saat inilah itu yang kita bahas, saya optimis usaha ini akan berhasil," ungkapnya.
 
Foto bersama usai pertemuan
 
Lebih jauh disampaikan Syahrul Syarif, nantinya pertemuan ini akan dilanjutkan dengan Kesepakatan Kerjasama dan akan ditandatangani pada pertemuan tingkat Bupati/Walikta pada bulan Desember 2016.
 
"Ya, bulan Desamber nanti, akan dilakukan penandatanganan antara Bupati/ Walikota enam daerah ini," imbuhnya. 
 
Namun sebelum dilakukan penandatanganan kesepakatan itu, terlebih dahulu akan terlebih disusun Masterplan Infrastruktur Perhubungan Kawasan Riau Pesisir sebagai dasar bersama dalam pembangunan jalan dan dermaga, serta usulan pembiayaan ke Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat khusus jalan jalan strategis nasional dan jalan kewenangan provinsi. 
 
Selain itu akan dilakukan juga dukungan optimalisasi pendidikan tinggi di masing-masing daerah sesuai keunggulannya.
 
"Kalau kita adalah Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) dengan keunggulan pendidikan teknik industri dan teknik pertanian,"ujarnya, kemudian terkait kesehatan juga akan dilakukan dukungan optimalisasi rumah sakit rujukan regional termasuk RSUD Selasih yang saat ini merupakan RS Rujukan Regional di Riau. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index