Pemkab Meranti Gelar Kegiatan Job Fit Bagi Pejabat Pratama

Pemkab Meranti Gelar Kegiatan Job Fit Bagi Pejabat Pratama
Wabup saat membuka kegiatan Job Fit
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar kegiatan Job Fit bagi pejabat Pratama (Eselon II) di lingkungan Pemda Kabupaten Meranti.
 
Dikatakan Wakil Bupati Kabupaten Meranti H. Said Hasyim, melalui Kabag Humas Helfandi, bertujuan untuk menyesuaikan atau mencocokan antara calon pejabat Pratama dengan pekerjaan atau jabatannya. 
 
"Ini gunanya agar pejabat yang menempati jabatan itu benar-benar layak sesuai dengan kebutuhan," ujar Kabag Humas, kepada awak media, Kamis (24/11).
 
Job fit ini telah digelar oleh Pemda Meranti pada Kamis pagi bertempat di Aula Afifa, Selatpanjang, dengan melibatkan 20 Pejabat Eselon II. Dari keterangan Kabid Mutasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Meranti, terkait seperti apa Jobfit tersebut mengatakan, sama dengan Asesment atau lebih tepatnya seperti Psikotest.
 
Sehingga dengan Jobfit ini akan terlihat Integritas, Komitmen, Orientasi, Konseptual, Analisis, Inovatif, Komunikasi serta Kepemimpinan seorang calon Pejabat Pratama. 
 
"Jadi Pejabat yang diamanatkan untuk sebuah Jabatan Eselon II, mampu meningkatkan kinerja organisasi, mempercepat akselerasi pembangunan dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat," jelas Widodo.
 
"Selain itu juga untuk memperluas pengalaman bagi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama agar lebih Inovatif dan berdaya saing," Tambahnya.
 
Saat ditanyakan berapa banyak Jabatan Eselon II yang akan diisi, Widodo mengatakan sangat terbatas yakni 14 Jabatan. 
 
"Otomatis bagi calon Pejabat Tinggi Pratama yang mengikuti uji kesesuaian (Jobfit) yang tidak memenuhi kriteria nilai yang harus dicapai maka bisa tidak mendapat jabatan (Non Job)," terang Widodo.
 
Lebih jauh dijelaskan, kegiatan Jobfit ini dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang mengamanatkan pelaksanaan seleksi terbuka dalam rangka pengisian, rotasi atau mutasi bagi pejabat Eselon khususnya Eselon II A dan II B di Kabupaten/Kota. 
 
"Karena bagaimapun juga tidak mungkin dilakukan mutasi, rotasi dan pengisian jabatan tanpa dilakukan proses ini (Job fit.red)," papar Kabag Humas.
 
Namun untuk penentuan jabatan tetap menjadi wewenang prerogatif pimpinan, dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti.
 
"Nanti kemana tempatnya itu menjadi wewenang Pak Bupati. Kalau kinerja sudah bagus tidak perlu khawatir. Saya kira sebagai abdi negara kita seharusnya tidak masalah dimanapun ditempatkan. Yang penting bisa menjalankan tugas dengan baik dan benar," papar Said Hasyim, seperti ditirukan Kabag Humas.
 
Sekedar informasi, kegiatan Jobfit itu dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti dengan menghadirkan para assessor atau tim penguji dari luar daerah.
 
Hadir pada pembukaan kegiatan itu Asisten III Setdakab. Meranti Bidang Administrasi Umum Setdakab Kepulauan Meranti, Drs H T Akhrial dan Kepala BKPP Drs Revirianto.
 
Undang-Undang Aparatur Sipil Negara juga mengamatkan setiap ASN harus siap berkompetisi dengan tujuan untuk mewujudkan ASN yang profesional, netral dan berintegritas. 
 
Kabag Humas mengungkapkan, melalui Jobfit yang digelar oleh BKPP Kabupaten Meranti ini dapat menata kelola organisasi Pemda di Kabupaten Meranti menjadi lebih profesional dan semakin baik lagi dimasa datang. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index