KADIN MEA EXPO 2016, Ajang Promosi Produk Asli Indonesia

KADIN MEA EXPO 2016, Ajang Promosi Produk Asli Indonesia
Pengunjung tampak melihat-lihat batik karya ibu-ibu Rumah Batik Andalan pada KADIN MEA EXPO 2016, Kamis (24/11)
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pergelaran dan pembukaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) EXPO 2016 disambut meriah masyarakat kota Pekanbaru yang diselenggarakan di Purna MTQ Riau. 
 
Pembukaan acara KADIN MEA EXPO 2016, pada hari Kamis malam ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekretariat Daerah Riau, Achmad Hijazi serta didampangi Ketua Umum Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman dan Konsul Malaysia, Hardi Hamdi.
 
Kegiatan ini disambut antusias masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak awal 2016 lalu. Para pelaku dari berbagai bidang industri, pemerintah, pendidikan dan kesehatan ikut meramaikan kegiatan KADIN MEA EXPO 2016. Beberapa stand dari negara ASEAN yakni Malaysia dan Thailand pun turut memeriahkan expo untuk memperkenal produk-produk berskala internasional.
 
Ketua Umum Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman menuturkan terdapat 158 stand yang mendukung kegiatan ini. Mulai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Riau, BUMD, dan perusahaan swasta. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk memperkenalkan produk-produk buatan dalam negeri dan sebaliknya. 
 
Dalam KADIN MEA EXPO 2016, berbagai perusahaan swasta juga turut ambil andil dalam acara tersebut, termasuk PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan produk unggulan PaperOne turut menginspirasi masyarakat untuk bangga terhadap produk dalam negeri yang telah mampu bersaing dan merebut pasar global. 
 
Selain itu juga hasil kerajinan dari ibu-ibu Rumah Batik Andalan binaan Community Development (CD) RAPP yakni kerajinan tangan seperti dompet dan batik.
 
“Saya apresiasi dengan produk dari RAPP dan binaan CD RAPP. Untuk kertas, di kantor saya juga memakai produk PaperOne karena mudah didapat dimana saja. Apalagi di stand ini staff dari APRIL juga menjelaskan proses pembuatan kertas dari kayu hingga menjadi kertas. Sangat bagus,” ucapnya Konsulat Malaysia Hardi Hamdi saat mengunjungi Stand APRIL.
 
Sekretariat Daerah Riau, Achmad Hijazi mengatakan dalam expo ini, setiap pelaku ekonomi menghadapi kompetisi dalam peluang usaha dengan memantapkan jaringan usaha dan menggunakan teknologi informasi. Fokus utama sektor UMKM agar bisa bersaing dan dikembangkan dengan memanfaatkan kegiatan MEA EXPO 2016.
 
Direktur RAPP, Rudi Fajar mengatakan pada KADIN MEA EXPO 2016 ini perusahaan ingin mempromosikan produk mitra binaaan Ibu-ibu dari Rumah Batik Andalan. Lewat kegiatan ini, kedepannya batik bono khas Pelalawan dapat menembus pasar ASEN hingga dunia.
 
“Turut sertanya RAPP dalam KADIN MEA EXPO 2016 ini merupakan salah satu usaha perusahaan untuk mempromosikan produk dari binaan CD, seperti batik. Semoga bisa terus berkembang hingga ke mancanegara,” pungkasnya. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index