Dewan Prediksi Pengesahan RTRW Riau Dilakukan Desember

Dewan Prediksi Pengesahan RTRW Riau Dilakukan Desember
Sunaryo
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Sunaryo menyebut peraturan daerah tentang rancangan tata ruang wilayah (RTRW) diprediksi akan disahkan pada Desember 2016 ini agar pembangunan daerah dapat berjalan dan tidak terkendala.
 
Legislator dari PAN ini menilai percepatan pengesahan RTRW ini sedang digesa tim panitia khusus DPRD Riau karena dibutuhkan mendesak untuk mendukung laju pembangunan seluruh kabupaten kota, termasuk Dumai.
 
"Pansus sudah membahas dan berkoordinasi dengan kementerian terkait dan ombudsman, mudah mudahan sebelum akhir tahun ini sudah disahkan," kata Sunaryo di Dumai, kemarin.
 
Dijelaskan, pengesahan RTRW ini dianggap sangat penting untuk Dumai dan daerah lain sebagai kekuatan hukum untuk melaksanakan proses pembangunan agar tidak terhambat aturan tata ruang.
 
Keterlambatan pengesahan RTRW di daerah, termasuk Dumai, sambung dia, berakibat pemerintah setempat tidak bisa menerbitkan perizinan membangun, baik masyarakat maupun investasi masuk.
 
"Tanpa RTRW pemerintah tidak bisa mengeluarkan izin membangun sehingga banyak yang tertunda dan pembangunan tidak berjalan maksimal," sebutnya.
 
Dia berharap pembahasan Perda RTRW oleh Pansus DPRD Dumai berjalan lancar sehingga Pemerintah Kota Dumai dapat segera membentuk produk hukum daerah untuk menyesuaikan kebutuhan pembangunan.
 
Wali Kota Dumai Zulkifli As menyebutkan, RTRW Provinsi Riau sudah ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutananan pada April lalu dan pemerintah daerah berharap agar pengesahan bisa digesa.
 
Akibat belum disahkan aturan tata ruang ini, banyak rencana pembangunan terhambat dan calon investor menanamkan modal bernilai triliunan rupiah tertunda masuk, sehingga berdampak tidak baik untuk daerah.
 
"Dengan ada RTRW maka daerah sudah bisa melayani permohonan perizinan masyarakat dan investor yang akan membangun, karena itu diharap pengesahan dapat digesa," kata Zulkifli kepada pers beberapa waktu lalu. (R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index