HEBAT... Dikukuhkan, Satgas Saberpungli Riau Diberi Kewenangan Lakukan OTT

HEBAT... Dikukuhkan, Satgas Saberpungli Riau Diberi Kewenangan Lakukan OTT
Gubri saat mengukuhkan Satgas Saberpungli
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemprov Riau mengukuhkan satuan tugas (Satgas) sapu bersih pungutan liar (Saberpungli), Senin, 28 November 2016 di Gedung Daerah Provinsi Riau. 
 
Pengukuhan ini merupakan langkah lanjutan Pemprov Riau dalam komitmennya untuk memberantas praktik-praktik liar seluruh lini. 
 
Pengukuhan satgas Saberpungli di Provinsi Riau ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau nomor Kpts 1072/XI/2016 tentang Saberpungli.
Beberapa kewenangan yang diberikan, diantaranya melakukan operasi tangkap tangan praktik pungli dan memberikan rekomendasi kepada Gubernur Riau untuk membentuk saber pelaksana tugas unit saberpungli disetiap unit wilayah.
 
Bertindak sebagai satgas Saberpungli, Penanggungjawab utama berada ditangan Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman diikuti oleh Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain (Penanggungjawab I), Kejati Riau (Penanggungjawab III), Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi (Penanggungjawab IV).
 
Kemudian, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Suwarno sebagai Ketua Pelaksana I, Sekda Riau Ahmad Hijazi (Ketua Pelaksana II), Inspektur Provinsi Riau (Ketua Pelaksana III).
 
Selanjutnya, bagian kesretarisan dibidangi oleh Asisten Pengawas Kejati Riau, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Riau (sekretaris I), dan Asdatun Kejati Riau sekretaris II.(MC Riau/rat)
 
Ada pun tugas dan fungsi dari Tim Satgas Saber Pungli ini, diantaranya melaksanakan pemberatasan pungli secara efesien dengan memanfaatkan satker yang ada di lingkungan Provinsi Riau. 
 
Kemudian, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, melaksanakan operasi tangkap tangan, merekomendasikan membentuk unit baru diwilayahnya, merekomendasikan pemberian sanksi tegas sesuai ketentuan berlaku. 
 
Gubri berharap, pengukuhan Tim Saber Pungli ini didasari dengan surat keputusan, Kpts 1072/XI/2016 diharapkan akan berdampak pada pelayanan pemerintahan yang bersih. Hal ini juga selaras dengan perkembangan zaman yang memang tidak massanya lagi menggrogoti anggaran dengan 'tidak halal'.
 
Gubri sendiri berjanji akan ikut memantau kerja tim agar prosesi pengukuhan yang baru saja dilakukannya bisa berjalan optimal. Pengukuhan Tim Saber Pungli ini juga disaksikan para bupati walikota serta berbagai aparatur pemerintahan, kepolisian dan TNI se Riau. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index