PT Indi Daya Energi Ekspos Rencana Investasi Pembangunan Kilang Minyak di KITB

PT Indi Daya Energi Ekspos Rencana Investasi Pembangunan Kilang Minyak di KITB
Suasana ekspos

 

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - PT Indi Daya  energi (IDE) memaparkan terhadap tujuannya untuk melakukan kerjasama dengan kabupaten Siak guna membangun kilang minyak mini di Kawasan Industri Tanjung Buton.

Dalam pemaparan tersebut juga didengarkan langsung oleh Bupati Siak yang diwakili oleh Dr H Syafri Lenti M.Si bertempat di Ruang Rapat Pucuk Rebung, kemarin.

PT Indi Daya Energi ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dengan membangun Kilang Minyak Mini yang dipusatkan di Tanjung Buton.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab Siak Dr H Syafri Lenti M.Si, Bunsentoso dari PT Indi daya Energi, Direktur KITB, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kab Siak Ir H Amin Budiyadi, MM serta Dinas Perhubungan dan Infokom Siak yang diwakili oleh Kepala Bidang Laut Jon Hendri.

Dikatakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan SetdaKab Siak Dr H Syafri Lenti M.Si dalam rangka mendengarkan pemaparan PT Indi Daya Enegri yang tujuan nya untuk membangun kilang Minyak Mini di kawasan industri  tanjung buton.

Sebagaimana halnya Kawasan Industri Tanjung Buton yang ada kepada PT Indi Daya Energi (IDE), tentunya kami terlebih dahulu harus mendengarkan apa saja tujuan nya sehingga nanti bisa dipertimbangkan oleh Pemkab Siak.

Tentunya juga nanti kami  akan menyerahkan pengelolaan nya kepada KITB atas pembangunan ini,kami juga berharap PT Indi Daya Energi bisa bekerja sama dengan PT KITB dengan harapan bisa saling menguntungkan bagi pemda siak maupun pihak PT IDE.

Dijelas kan oleh Bunsentoso dari PT Indi daya Energi, tujuan pemaparan pembangunan kilang minyak mini di Kawasan Industri Tanjung Buton tentunya dengan melakukan kerjasama dari  Pemkab Siak.

Yang mendorong kami di energi bidang kilang minyak yaitu sesuai dengan ketahanan kondisi di indonesia ini, sesuai dengan pengolahan keadaan Bahan bakar Minyak yang di produksi, untuk itu harus banyak terobosan dengan keyakinan, sehingga daerah siak bisa menjadikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

PT Indi Daya Energi mulai begerak di bidang enegi pada tahun 2001 dengan beberapa perusahaan yang begerak di bidang gas.

Dengan kata lain, kondisi lifting minyak bumi mengalami kenaikan,namun tidak signifikan, data tahun 2014 sebesar 794.000 barrel/hari, saat ini produksi minyak bumi dikisaran angka 825.000 barrel/hari.

Sedangkan untuk impor BBM terus meningkat untuk memenuhi konsumsi BBM Nasional yang terus bertambah,impor bbm tahun 2014 sebedsar 470.000 barel/hari dan saat ini impor bbm mencapai 670.000 barrel/hari.

"Untuk itu ketahanan energi nasional akan bisa meningkat dengan membangun kilan kilang kecil di dalam negri, terutama pada saat ini rencana nya akan dibangun di kawasan industri tanjung buton dengan tempat strategis di tepi laut. harapan nya tentu mengharapkan kabupaten siak bisa bekerja sama," paparnya.

Tanjung Buton yang berada di wilayah kabupaten siak Provinsi Riau juga didukung dengan topografi dan geografi diwilayah peraian selat malaka yang juga merupakan salah satu lokasi lokasi yang strategis untuk membangun Kilang Minyak yang dapat mempermudahkan ruang gerak logistik baik dari dalam negri maupun dari luar negeri.

"Kami juga berharap kita bisa menjadi sumber minyak di daerah siak"terutama yang akan dibangun nantinya di kawasan industri tanjung buton".kita akan mengimpor minyak dari singapura,itu dikarenakan jenis nya terjamin,kami juga berharap dari pemda siak untuk ikut bekerja sama,apa lagi kami berfokus di pengolahan terang dia".

PT IDE bermaksud mengundang Pemda Siak tentunya untuk bisa bermitra dalam membangun kilang minyak mini.selain itu juga usulan lokasi kilang minyak mini adalah di tanjung buton,bekerjasama dengan KITB.tentunya PT IDE akan menyediakan Minyak mentah dan Aspek Teknis.

Untuk usulan Kemitraan PT IDE dengan Pemda Siak adalah Pemda Siak dapat berperan sebagai Offtaker dari hasil produk Kilang Minyak Mini. Pendirian Badan Hukum baru untuk pengelolaan Kilang Mini,atau kerjasama dalam bentuk lain yang akan didiskusikan kemudian tandasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index