WADUH... Dinkes Catat 170 Kasus HIV Terinfeksi di Inhil

WADUH... Dinkes Catat 170 Kasus HIV Terinfeksi di Inhil
Ilustrasi
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 170 kasus HIV terinfeksi kepada warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 
 
Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin dalam konferensi pers Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Inhil di Kodim 0314/Inhil Tembilahan, kemarin.
 
"Data akhir di Inhil sebanyak 170 kasus, dan terbanyak dari kalangan ibu rumah tangga," kata Zainal Arifin.
 
Menurutnya, jumlah tersebut merupakan data sementara karena sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan. Hal itu diupayakan melalui konseling di beberapa lokasi. Diantaranya di RSUD Puri Husada, RS Sungai Guntung, Puskesmas Gadjah Mada dan Puskesmas Tembilahan Hulu.
 
Meskipun tidak dilakukan seluruh Puskesmas, namun Kadiskes meyakini para tim medis se-Inhil melakukan sosialisasi terhadap warga setempat.
 
"Kita sosialisasikan berupa langkah-langkah untuk pencegahan, pertama jangan berhubungan sebelum menikah, kedua setia dengan pasangan, ketiga pakai kondom dan terakhir jangan menggunakan suntik bekas. Dan saya tegaskan, penyakit ini tidak bisa disembuhkan lagi," pungkasnya.
 
Sekedar untuk diketahui, konferensi tajaan KPA Kabupaten Inhil ini merupakan salah satu rangkaian peringatan hari Aids se-Dunia tahun 2016.Tahun ini, KPA bekerjasama dengan beberapa pihak, salah satunya adalah Kodim 0314/Inhil.
 
"Kami menanggapi HIV/Aids ini sebagai koreksi yang mendalam karena Kodim memiliki banyak anggota. Secara internal, Kodim akan melakukan pemeriksaan terhadap anggota bahkan istri-istriya," ujar Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf J Haryanto. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index