Wabup Meranti Sidak Pegawai Dinas PU, Tingkat Kehadiran dan Pelayanan Publik Semakin Baik

Wabup Meranti Sidak Pegawai Dinas PU, Tingkat Kehadiran dan Pelayanan Publik Semakin Baik
Wakil Bupati Kepulauan Meranti melakukan Sidak kantor dinas dan badan.
SELATPANJANG(RIAUSKY.COM) - Kesekian kalinya Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan inspeksi mendadak ke Dinas/Badan/Bagian yang langsung bersentuhan dengan pelayanan publik. Kali ini yang mendapat giliran adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabuoaten Meranti, Rabu (7/11).
 
Inspeksi mendadak yang dilakukan Wabup, dilakukan pagi hari disaat para karyawan akan mengelar Apel dilingkungan Dinas PU Kabupaten Meranti. Kehadiran Wabup yang tiba-tiba sempat membuat suasana pegawai sedikit tegang, Kepala Dinas PU Drs. Hayadi yang menyambutnya langsung memposisikan Wabup. H. Said Hasyim mengambil tempat sebagai pembina Apel.
 
Seperti biasanya, untuk mengetahui kinerja PNS dan Honorer disebuah SKPD, Wabup yang didampingi Kadis PU Haryadi dan Kabag Humas Sekda Helfandi, mengawalinya dengan melakukan cek kehadiran, mengabsen satu-persatu karyawan mulai dari PNS hingga Honorer. Dari hasil absen yang dilakukan Wabup tingkat kehadiran pegawai secara keseluruhan cukup baik, dengan tingkat persentase mencapai 95 persen. Untuk itu Wabup menhucapkan apresiasinya kepada seluruh pegawai atas seraya mengajak tetap mempertahankannya dan terus tingkatkan kinerja. 
 
"Saya bangga dengan Dinas PU, tingkat kehadiran sangat baik dan saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas PU dan jajaran yang telah bekerja dengan baik dalam membangun Meranti lebih baik lagi kedepan, tetap jaga itu dan terus tingkatkan kinerja." ujar Wabup.
 
Dalam amanatnya dihadapan seluruh pegawai Dinas PU, Wabup menyampaikan pentingnya setiap pegawai memahami Tugas dan Fungsinya (Tupoksi) dengan baik serta mampu menganalisa semua kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.
 
"Peegawai yang baik itu, tidak sekedar datang kekantor, tapi mampu memahami Tupoksinya dan melaksanakan Tupoksinya itu dengan baik," ujar Wabup.
 
Wabup mengigatkan dalam bekerja yang terpenting adalah keikhlasan, sehingga apapun tugas yang diberikan oleh pimpinan tidak menjadi beban. Hal itu sesuai dengan sumpah yang diucapkan oleh setiap PNS sebelum diangkat menjadi pegawai. "Semua PNS sesuai dengan sumpahnya akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu jalankanlah dengan baik daa jujur, sesuai dengan aturan yang ada," ucapnya.
 
"Dan yang tak kalah penting selalu berhari-hati, dalam menjalankan sebuah kegiatan (proyek) diperlukan ketajaman berfikir dan menganalisa segala sesuatunya agar tidak menimbulkan masalah kedepan," tambahnya mengingatkan.
 
Menurut Wabup, Dinas PU diberikan beban tugas yang besar, untuk itu ia menghimbau PPTK dan pengawas proyek harus benar-benar mempelajari dan memahami setiap aturan. Setiap kegiatan yang dilaksankan hendaknya dianalisa dengan baik, mulai dari perencanaan awal yang disusun sesuai aturan yang ditetapkan.
 
"Andaipun dipanggil oleh penegak hukum untuk dimintai keterangan, dengan telah melakukan pekerjaan yang benar dan sesuai aturan maka semua akan mudah untuk dipertanggung jawabkan," terangnya lagi.
 
Ia juga menghimbau kepada seluruh pegawai di Dinas PU, untuk terus tingkatkan kerjasama dan koordinasi dengan atasan terkait berbagai hal yang menyangkut pekerjaan. Hal itu dinilai penting agar atasan dapat memberikan masukan yang dapat menjadi pedoman demi kemajuan bersama. "Rajin-rajinlah bertanya kepada atasan, apalagi jika kurang memahami," ujar Wabup.
 
Akhir kata, Wabup meminta semua pekerjaan yang sesang dilaksanakan saat ini terus diawasi agar berjalan sesua perencanan dan selesai tepat waktu, apalagi kegiatan yang dibangun dengan menggunakan anggaran Banruan Keuangan yang harus sudah berakhir (selesai) paling lama pertengahan bulan Desember 2016 ini, dan untuk dana DAK hingga 25 Desember 2016.
 
Dalam kesempatan itu, Wabup juga melakukan evaluasi proyek strategis yang sedang berjalan dengan bertanya kepada PPTK dan Pengawas, diantaranya peningkatan jalan Lukun-Sungai Tohor sepanjang 26 KM dengan anggaran Bankeu sebesar 45 M, selain itu peningkatan jalan Peranggas-Kayu Ara yang diakui pengawas proyek masih On Schedule.
 
Pada kesempatan itu juga Wabup mengajak kepada seluruh pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti khususnya Dinas PU, untuk bersama-sama menyemarakan HUT Kabupaten Kepualaun Meranti Ke-8 yang jatuh pada Tanggal 19 Desember mendatang. Khusus bagi setiap SKPD untuk memasang umbul-umbul dan membersihkan kantor masing-masing "Mari kita semarakan hari jadi Kabupaten Meranti yang Ke-8, dengan bersama-sama mengikuti jalan sehat, Kenduri Sekampung, Tausiah dan kegiatan Apel," ajak Wabup.(R16)

Listrik Indonesia

#Kepulauan Meranti

Index

Berita Lainnya

Index