TNI dan Warga Berjibaku Padamkan Api di Meranti, Kebakaran Makin Meluas

TNI dan Warga Berjibaku Padamkan Api di Meranti, Kebakaran Makin Meluas
kebakaran lahan di kep meranti (detikcom)

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Kebakaran Lahan dan hutan di Kabupaten Kepulauan Meranti hingga kini masih terjadi.  TNI bersama masyarakat berjibaku di tengah kobaran bara gambut.

Sejak tadi pagi, pasukan Marinir bersama Koramil Meranti dan masyarakat desa bahu membahu untuk memadamkan bara api di lahan gambut. Kobaran api sudah berjalan sepekan ini tak kunjung padam.

"Sudah seminggu ini kami berjibaku di kawasan gambut yang terbakar, namun tak padam juga. Malah sejak tadi malah hingga hari ini kebakaran semakin meluas," kata Danramil Meranti, Mayor B Tambunan seperti dikutip dari detikcom Rabu (21/10).

Tambunan menyebutkan, minimnya peralatan yang ada membuat timnya kalah cepat dengan sebaran titik api. Ditambah banyaknya ranting-ranting kering di tengah kawasan semak bulukar.

"Api semakin cepat menyebar ke mana-mana. Kini kondisi api semakin dekat ke perladangan masyarakat," kata Tambunan.

Kebakaran lahan ini tepatnya di Desa Tanjung Pranap, Kecamatan Tebing Tinggi, Kab Meranti. Padahal sebelumnya saat musim kebakaran, Kabupaten Meranti nyaris tidak ada titik api.

Kini kebakaran lahan di kawasan itu sudah mencapai 60 hektare. Api tak bisa dibendung karena peralatan yang minim. "Mesin air kami hanya bisa menembakkan air paling jauh 2 meter. Kami kalah cepat dengan sebaran titik apinya. Tapi kami tetap berusaha terus," kata Tambunan.

Dia menyebutkan, pihaknya baru mendapat bantuan mesin air yang lebih bagus dari Pemda Meranti. "Kalau hanya mengandalkan mesin robin yang ada sama tim kami, rasanya sulit kita bisa memadamkan kobaran api," kata Tambunan.(RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index