Pemko Kerahkan 400 Petugas untuk Bersihkan Drainase di Pekanbaru

Pemko Kerahkan 400 Petugas untuk Bersihkan Drainase di Pekanbaru
Zulkifli Harun
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Pekanbaru mengerahkan sekitar 400 an petugas kebersihan untuk membersihkan saluran air wilayah setempat guna mengantisipasi banjir dimusim hujan.
 
"Sudah sepekan ini tiap hari kami turunkan petugas untuk membersihkan drenase yang tersumbat," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pekanbaru Zulkifli Harun, pada Selasa, 13 Desember 2016.
 
Zulkifli menjelaskan inisiatif membersihkan drenase ini dilakukan mengingat intensitas hujan di Pekanbaru belakangan ini cukup tinggi sehingga berakibat kepada banjir.
 
"Selain petugas, kami juga bersihkan aliran air dengan alat, melakukan pengerukan sedimen," terang dia.
 
Diakui Zul saat ini keberadaan alat keruk miliknya sedang tersebar pada beberapa wilayah yang sedang dikerjakan. 
 
"Semua alat bekerja sekarang ada di Tenayan, Payung Sekaki, Arengka, mengorek, membersihkan saluran air dari sedimen dan sampah," tegasnya.
 
Pembersihan ini dilakukan proaktif pemerintah melihat kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan. "Selain juga ada permintaan masyarakat yang mengalami banjir pada saluran air dan sungainya," katanya menambahkan.
 
Ia mencontohkan tidak jarang saat melakukan pembersihan anak sungai, warga yang berada di sekitar areal mengerjaan juga langsung meminta tolong alat tersebut membersihkan drenase lainnya yang juga tersumbat.
 
Ia menambahkan wilayah yang kini rawan banjir itu Kecamatan Payung Sekaki, Tampan, Bukit Raya, Tenayan Raya, Rumbai Pesisir, Rumbai.
 
Upaya pembersihan drenase memang efektif walau hanya untuk sementara untuk mengurangi volume air tergenang. "Untuk mengatasi darurat ia tetapi kalau untuk permanen saya nilai tidak," katanya.
 
Ia menambahkan bagi masyarakat yang membutuhkan pembersihan saluran air dan drenase dipersilahkan melapor tetapi harus bersabar karena alat antri, tetapi petugas kebersihan bisa dikerahkan. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index