Digelar 16-18 Desember 2017

Pemprov Riau Gelar Festival Equator 2016 di Lipat Kain, Ini Jadwalnya

Rabu,14 Desember 2016 | 11:19:49 WIB
Pemprov Riau Gelar Festival Equator 2016 di Lipat Kain, Ini Jadwalnya
Ket Foto : Fahmizal Usman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah sukses menggelar Melayu Food Festival 2016, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bakal mengggelar Festival Equator yang puncaknya pada 18 Desember mendatang, di Desa Lipat Kain, Kabupaten Kampar.
 
Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman mengatakan, Festival Equator merupakan yang pertama kali digelar di Riau. Festival ini nantinya diharapkan bisa menjadi magnet untuk merangsang turis baik lokal, nasional ataupun mancanegara untuk datang ke Riau.
 
Ya, menurut Fahmi, festival aquator di Riau ini berbeda dengan event yang ada didaerah lain. Festival ini merupakan sebuah rangkaian festival pariwisata dengan destinasi wisata alam, budaya, sejarah yang ada di Kabupaten Kampar.
 
"Potensi wisata kita sangat besar. Tak hanya alam, wisata budaya dan sejarah kita banyak yang belum tergali. Nah, festival Equator ini nanti akan mengangkat dan memperkenalkan kepada khalayak, terkait tujuh spot wisata di Kabupaten Kampar, dan ini kita sebut Tujuh miracle," ungkap Fahmizal.
 
Adapun ketujuh destinasi wisata yang ditawarkan dalam festival Equator antara lain Takaw Godang atau sebuah kendi berisi air yang tak pernah kering.
 
Berikutnya adalah Lokomotif kereta api yang merupakan salah satu peninggalan sejarah masa lalu yang ada di Riau. Balai Adat Masjid Raya dan Air Terjun Kaboko yang masih terjada keasriannya dan tugu khatulistiwa serta bendungan Sei Kitang.
 
Festival ini melibat 100 bikers yang akan menggelar touring mengunjungi tujuh destinasi wisata yang kita siapkan tadi. 
 
"Kegiatan ini nantinya akan dihadiri pak Gubernur Riau pada 18 Desember atau puncak acara," tukasnya.
 
Tak hanya kunjungan objek wisata, masyarakat dan para pelancong Festival Equator juga bisa menyaksikan sejumlah pementasan seni dan hiburan tradisional.
 
Untuk menjaga kelestarian budaya dan tradisi, kegiatan ini nantinya juga akan dimeriahkan dengan pawai becak hias dan makan bajambaw yang dihadiri langsung Gubernur Riau.
 
Sebab itu, Fahmi mengimbau masyarakat untuk beramai-ramai memeriahkan festival equator 2016 ini."Kita ini menjaga tradisi dan melestarikan budaya serta mempromosikan pariwisata yang ada di Riau," ungkapnya.
 
Berikut ini adalah jadwal kegiatan Equator Festival 2016:
 
1.Pada Hari Jumat, 16 Desember 2016 Pukul 19.30 WIB, Panggung Apresiasi Seni Budaya di Pelataran Tugu Khatulistiwa.
 
2.Sabtu 17 desember 2016 Pukul 14.00 WIB, City Tour mengunjungi 7 Destinasi Wisata oleh para bikers. Sedangkan pada malam hari yakni Pukul 19.30 WIB, bakal digelar Pementasan Seni Jemputan Panggung Utama, yang akan dimeriahkan oleh Sanggar Sendayung, Bengkel Seni, Komunitas pena terbang, Musikalisasi gendul, Rabab pangkalan, Oguang batimang malako kociak, Sanggar kemuyang kakiteng, Bahtera kata pekanbaru, Sanggar malika, Suantan musik harmoni dan lainnya.
 
3.Pada Minggu 18 desember Pukul 08.00 WIB, Lomba mewarnai tingkat TK, Lomba masak pakasam antar suku (kuliner), Parade malasak motor motor dan permainan rakyat, Teatrikal silancang, Lomba rebbana batimang, pameran produk kerajinan dan hasil perkebunan, Bazar, Parade kacau kalamai dan atraksi kebudayaan, Makan bajambaw bersama Gubernur Riau, Penobatan gelar kehormatan, tari masal, pawai becak hias antar suku melalui sepanjang jalan raya Kota Lipat Kain bersama Gubernur Riau. Pukul 19.30 WIB, Malam penutupan, dan pembagian hadiah serta hiburan rakyat. (R07)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS