DEKAT DENGAN DEN RUDAL DUMAI... Jalur Kereta Api Trans Sumatera Bakal Dievaluasi

DEKAT DENGAN DEN RUDAL DUMAI... Jalur Kereta Api Trans Sumatera Bakal Dievaluasi
Ahmad Syah Harroefi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pembangunan jalur kereta api (rail way) yang melintasi kawasan Dentasemen Rudal Dumai bakal dievaluasi kembali. 
 
Pasalnya, dengan jarak yang hanya 500 meter dari lokasi Den Rudal, dikhawatirkan getaran yang diakibatkan kereta api nantinya dapat mengganggu kegiatan radar yang nota bene berfungsi mata dan telinga negara. 
 
Menurut Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harofie, usai memimpin rapat pertemuan antara Dinas Perhubungan dan perwakilan Mabes TNI AU di Pemprov Riau menyatakan rencana pembangunan rel kereta api yang menjadi rangkaian rail way Sumatera tersebut disebutkan idealnya minimal tiga kilo meter. 
 
"Infomasi dari TNI-AU Dumai, itu minimal harus tiga kilo meter. Sekarangkan 500 meter. Dari TNI-AU dengan jarak segitu akan dapat mengganggu kegiatan radar dari getaran kereta api yang melintas," kata Ahmad Syah, Kamis, 15 Desember 2016.
 
Memang papar mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Riau ini belum ada hasil keputusan apakah akan digeser atau solusi lainnya terkait rencana pembangunan rail way tersebut. 
 
Namun dari pertemuan itu disepakati, pertama kedua belah pihak sepakat melanjutkan persoalan tersebut kepada pemangku kepentingan. Dalam hal ini Dinas Perhubungan melalui Kementerian Perhubungan serta Den Rudai Dumai melalui Mabes TNI-AU.
 
"Kita berharap persoalan ini tak berlarut-larut dan segera diselesaikan. Untuk itu agar cepat berproses pada pertemuan tadi kita meminta agar dilibatkan juga Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki," ungkap Ahmad Syah. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index