Program Desa Bebas Api PT RAPP

Lurah Pelalawan: Akhirnya Kami Punya Kantor MPA dan Bhabinkamtibmas

Lurah Pelalawan: Akhirnya Kami Punya Kantor MPA dan Bhabinkamtibmas
Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo SIK, Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan, Lurah Pelalawan Edi Arifin beserta jajaran berfoto setelah peresmian kantor MPA dan Bhabinkamtibmas.
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Tidak terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan cita-cita dari warga Kelurahan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Untuk mencegah hal tersebut, Masyarakat Peduli Api (MPA), Crew Leader, dan Bhabinkamtibmas dan warga sepakat untuk meningkatkan patroli Karhutla.
 
Demikian disampaikan Lurah Pelalawan, Edi Arifin saat acara Ulang Tahun Kelurahan Pelalawan ke 11 tahun, Kamis KEMARIN.
 
Pencegahan Karhutla tersebut, kata Edi, didukung dengan program Desa Bebas Api atau Fire Free Village Program (FFVP) APRIL (PT RAPP).
 
"Mendukung cita-cita kami itu, Kelurahan kami sudah mendapatkan mesin pompa air mini striker yang merupakan reward dari program Desa Bebas Api tahun 2015 sebesar Rp 50 juta. Tahun ini berkat kerja keras semua masyarakat, tahun ini kami mendapatkan reward sebesar Rp 100 juta. Akhirnya kami punya kantor MPA dan Bhabinkamtibmas," tuturnya.
 
Edi mengatakan masyarakat sudah sepakat hasil reward digunakan untuk membangun kantor MPA dan Bhabinkamtibmas. Kantor tersebut akan digunakan untuk kantor mereka sehingga mereka bekerja lebih bersemangat.
 
"Kantor inilah sebagai wadah mereka untuk melaksanakan apel dan berdiskusi tentang pekerjaan mereka. Selain itu, RAPP juga telah banyak membantu bibit tanaman diantaranya mangga dan jambu sebanyak 800 buah dan mendapatkan pelatihan budidaya madu untuk peningkatan ekonomi masyarakat," jelasnya.
 
Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo SIK apresiasi dengan program Desa Bebas Api PT RAPP karena mengajak masyarakat untuk menjaga lahan mereka dari kebakaran. Program ini turut membantu pemerintah dalam mendukung Pelalawan tanpa asap.
 
"Pembangunan kantor MPA dan Bhabinkamtibmas dari reward desa bebas api ini membatu kepolisian. Kalau tidak ada kantor ini, Bhabinkabtinmas tidak tahu akan berkantor dimana dan kantor ini juga dapat digunakan masyarakat untuk kantor pertemuan juga nantinya," ujar Ari yang didampingi Wakil Bupati Pelalawan Zardewan.
 
Sementara itu, Manajer program FFVP PT RAPP, Sailal Arimi mengatakan pemberian reward dalam bentuk infrastruktur ini merupakan keberhasilan warga Kelurahan Pelalawan dalam mencegah Karhutla di daerahnya.
 
“Apresiasi usaha masyarakat dalam hal penyiapan lahan tanpa bakar periode 1 November 2015 sampai dengan 30 April 2016. Ini berkat kerja keras masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut. Reward ini diberikan untuk kantor MPA dan Bhabinkabtimnas.. Ke depannya kami berharap masyarakat lebih semangat menjaga lingkungannya dari Karhutla," tutup Sailal. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index