Buka Seminar Zakat Nasional, HM Harris: Potensi Zakat Profesi di Pelalawan di Atas Rp5 Miliar

Buka Seminar Zakat Nasional, HM Harris: Potensi Zakat Profesi di Pelalawan di Atas Rp5 Miliar
HM Harris saat memberikan smabutan
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Bupati Pelalawan HM Harris sekaligus Ketua Umum Baznas Kabupaten Pelalawan katakan potensi zakat profesi di Kabupaten Pelalawan Rp5 miliar lebih, namun kenapa hanya trekumpul Rp1,3 miliar. 
 
Ini menunjukkan persepsi yang belum sama, Kedepan hal ini harus dapat dimaksimalkan dengan penyatukan persepsi diawali seminar zakat ini.
 
Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris saat memberikan sambutan pada saat pembukaan seminar zakat nasional, Selasa 20 Desember 2016 di gedung daerah Datuk Laksama Mangku Diraja.
 
"Ya, sejauh ini, khusus pengumpulan zakat melalui Baznas belum maksimal, satu hal ya saya pikir kendala di lapangan adalah persepsi dari masyarakat yang berbeda. Masyarakat saat ini masih cenderung menyalurkan sendiri," ujarnya.
 
Namun ia mengapresiasi apa yang dilakukan Baznas. Ia gembira grafiknya dari tahun-tahun mengalami peningkatan yang signifikan.
 
Disampaikannya, Baznas kedepanya dalam melaksanakan penyaluran zakat kepada masyarakat khususnya bantuan dana usaha agar memperhatikan manajemen pengawasanya.
 
Lebih jauh disampaikan HM Harris, sajauh ini, tak dipungkiri lagi, pengelolaan zakat secara professional berdampak positif dalam meningkatkan ekonomi ummat. 
 
"Hanya saja, diakuinya persentase masyarakat untuk berzakat masih perlu digenjot. Dalam hal ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan melakukan banyak upaya. Mulai sosialiasi hingga masuk ke kampung-kampung, hingga akan digelarnya Seminar Zakat Nasional, 20 Desember mendatang," jelasnya.
 
Terpisah, Sekum H Muhammad Rais,M.Pd.I, kepada media ini, mengatakan tujuan dilaksanakan Seminar Zakat Nasional adalah untuk memberikan pemahaman pentingnya berzakat melalui Baznas.
 
"Ya, siminar zakat nasional ini merupakan dalam rangka menggenjot kesadaran masyarakat dari berbagai kalangan masyarakat. Kita tentu berharap dengan semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk berzakat, maka ekonomi masyarakat, terutama mereka yang berhak menerima zakat akan terangkat," kata Sekum H Muhammad Rais,M.Pd.I, 
 
H Muhammad Rais yang juga Kasi Pengelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Pelalawan ini menambahkan, untuk kegiatan ini, panitia akan menghadirkan nara sumber dari Baznas RI, Prof DR KH Ahmad Syatori Ismail, MA, Kepala Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Riau Drs H Ahmad Supardi,MA dan (Keynote speaker) Direktur Pemberdayaan Zakat Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Drs H Tarmizi, MA.
 
Dikatakan pria yang akrab disapa Ustadz Rais ini, Seminar zakat nasional dengan peserta dari seluruh Kantor Kemenag se Provinsi Riau serta undangan lainnya itu, akan berlangsung di Gedung Datuk Laksemana Mangkudiraja Kompleks Perkantoran Bupati Pelalawan. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index