Dengan DMIJ, Pasokan Listrik Desa Sialang Terpenuhi

Dengan DMIJ, Pasokan Listrik Desa Sialang Terpenuhi
Tampak salah satu rumah warga di Desa Sialang Jaya yang kini terang benderang di malam hari.
SIALANG JAYA (RIAUSKY.COM) - Cukup berbeda dengan desa lainnya, Pemerintah Desa Sialang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, tidak seluruhnya memanfaatkan dana dari program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) untuk pembangunan jalan atau jembatan. 
 
Pemdes tersebut juga menyelipkan pengadaan peralatan listrik untuk wilayah itu.
 
Kepala Desa Sialang Jaya, Baharuddin H Ali mengatakan, sebelumnya masyarakat mengandalkan genset lama dari swadaya masyarakat. Namun terakhir kondisinya tidak lagi bisa dipakai.
 
"Itu pun digunakan hanya terbatas, tidak bisa seluruh elektronik di rumah-rumah teraliri," kata Baharudin.
 
Sejak bergulirnya program DMIJ ditambah bantuan dana dari pusat, Desa Sialang Jaya perlahan-lahan mengatur program untuk berbagai pembangunan dan pengadaan. Untuk itulah melalui dana DMIJ, Pemdes Sialang Jaya membeli mesin diesel dan dinamo 30.000 Kilo Watt (KW) untuk mengaliri seluruh rumah di desa tersebut. Pengadaan genset tersebut menjadi kebutuhan utama masyarakat di desa tersebut.
 
"Jadi diputuskan untuk dibeli. Kemudian kami bentuk tim yang mengurusnya. Pengurus itu nantinya yang bekerja memungut biaya dari masyarakat sesuai dengan penggunaan listrik yang dilihat di meteran rumah masing-masing," jelas Baharudin.
 
Genset itu kini sudah dapat memenuhi kebutuhan warga. Selain penerangan, peralatan elektronik seperti televisi sudah bisa dinikmati oleh masyarakat.
 
"Kita berharap program DMIJ dari Pemkab Inhil ini terus bergulir. Karena sangat membantu memenuhi kebutuhan desa yang selama ini seperti kurang terperhatikan," kata Baharudin.
 
Seperti dijelaskan Baharuddin, selain pengadaan mesin diesel dan dinamo ini, Pemdes Sialang Jaya juga menyisihkan dana DMIJ dan Pusat untuk pembangunan beberapa ruas jalan dan jembatan.
 
"Kalau dibilang, dana seukuran itu untuk desa sangat besar. Dan ini sangat membantu kami. Kenapa kami harapkan program DMIJ ini berlanjut, karena masih banyak program-program pembangunan yang tengah kami gagas untuk tahun-tahun berikutnya," kata Baharudin. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index