Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkab Kuansing akan Benahi Air Terjun Batang Koban

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkab Kuansing akan Benahi Air Terjun Batang Koban
Air Terjun Batang Koban
TALUKKUANTAN (RIAUSKY.COM) – Pemkab Kuansing berhasrat membenahi objek wisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan. 
 
Kunjungan wisatawan yang meningkatkan akan menimbulkan efek ekonomi dan peluang kerja bagi masyarakat, mulai dari travel, hotel, restoran dan industri kerajinan rumah tangga.
 
Salah satu objek wisata yang akan dibenahi tahun ini yakni air terjun Batang Koban di desa Lubuk Ambacang kecamatan Hulu Kuantan.  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Wilayah Kuansing, tahun inimengusulkan anggaran bagi pembangunan dermaga kedatangan di air terjun tersebut.
 
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Wilayah (PUPR) Kuansing, Azwan, melalui Kabid Sumber Daya Air Erwan, pembangunan dermaga tersebut rencananya akan dibuat semacam turap disertai tangga ke setiap tingkat di air terjun tersebut.
 
“Selain itu, juga semenisasi di samping kiri kanan jalan tersebut. Lebih indah dibangun pintu gerbang di lokasi dermaga, serta home stay sebagai tempat peristirahatan pengunjung di setiap tingkat," terangnya,
 
Pasalnya kata Erwan, air terjun Batang Koban memiliki tujuh tingkat, dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dengan membangun dermaga beserta tangga dan jalan lingkar akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kuansing.
 
Bagi wisatawan yang hendak ke air terjun ini, sebelum sampai juga dapat menikmati sensasi menjelajah sungai Kuantan menggunakan speed boat. Pasalnya akses ke lokasi wisata unggulan Kuansing ini memang melalui jalur air dari dermaga di desa Lubuk Ambacang.
 
Pada masa Kadis Pariwisata dan Kebudayaan dijabat oleh Chaidir Arifin, sempat dilakukan penyusunan DED dan master plan pengembangan kawasan objek wisata air terjun Guruh Gemurai dan air terjun Batang Koban. Namun konsep DED yang pernah dibuat tersebut belum terlaksana hingga saat ini secara tuntas. (R12/Ktc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index