TERIMA KASIH PAK KAPOLRI... Balita Kanker Mata di Riau Bisa Operasi

TERIMA KASIH PAK KAPOLRI... Balita Kanker Mata di Riau Bisa Operasi
Balita idap kanke mata di Riau
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Zhigra Aidillah (5), anak dari Wahriana (35) di warga Dusun Bakti Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, didiagnosa mengidap penyakit kanker mata. Awalnya, sang ibu mengira anaknya sakit mata biasa dan dibiarkan lantaran tidak memiliki biaya untuk memeriksa ke dokter.
 
"Ketika ada bakti sosial untuk kesehatan masyarakat, ibu itu datang dan memeriksakan anaknya. Saat itulah baru diketahui bahwa balita itu mengidap kanker," ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Hendri Posma Lubis, kemarin seperti dimuat merdeka.com.
 
Sang ibu kaget setelah mengetahui anak perempuan kesayangannya itu ternyata satu tahun belakangan mengidap kanker. Wahriana bingung tidak tahu mau berbuat apa, karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk melakukan operasi mata.
 
Kabar tersebut akhirnya sampai ke telinga Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui media massa. Tito langsung memerintahkan Kapolda Riau Irjen Polisi Zulkarnain dan Kapolres Rohil AKBP Posma untuk membantu Zhigra agar segera dioperasi. Sebab, kondisi mata Zhigra sudah termasuk kronis jika terus dibiarkan.
 
Kemudian Posma mendatangi rumah balita tersebut pada Minggu lalu di jalan Dudun Bahkti kecamatan Bagan Sinembah kabupaten Rokan Hilir. Setelah tiba, polisi dan tim dokter melihat kondisi Zhigra. Lalu membawa balita tersebut bersama ibunya ke Puskesmas terdekat untuk di beri pertolongan pertama.
 
"Lalu kita rujuk ke RS Bhayangkara Polda Riau untuk di tindak lanjuti sesuai perintah Pak Kapolri. Kita bawa dengan ambulance dengan didampingi dokter dan perawat yang telah kami siapkan, anggota kami iuran untuk mengurangi beban keluarga," ucap Posma.
 
Hasil diagnosa dokter, ditemukan pembekakan kelenjar getah bening leher sebelah kiri. Selain itu, mata sebelah kiri bocah itu kondisinya sangat memprihatinkan. Ciri-ciri tersebut disimpulkan bahwa Zhigra mengidap kanker mata ganas sebelah kiri.
 
"Kita mendorong pihak Pemerintahan Daerah untuk berpartisipasi dalam memberikan kemudahan administrasi kepada pihak keluarga penderita. Kita juga menggandeng pihak Asuransi BPJS untuk berpartisipasi memberikan kartu kesehatan lalu kita bawa ke Pekanbaru," jelas Posma.
 
Zhigra tiba di RS Bhayangkara Polda Riau di Pekanbaru pada Senin (16/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat ini Zigra dirawat inap di Ruangan Flamboyan sebelum dirujuk ke RSUD Pekanbaru utk mendapatkan penanganan Dokter Spesialis.
 
Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Asmara Hadi saat dikonfirmasi melalui selulernya, mengatakan kondisi kesehatan Zhigra belum stabil untuk dilakukan operasi kanker mata. Dikatakannya, Zhigra mengidap kanker mata sejak satu tahun belakangan ini.
 
"Masih kita rawat inap untuk menstabilkan kondisinya. Mudah-mudahan segera pulih agar bisa dilakukan operasi mata," kata Kombes Asmara Hadi. (R15/Mdk)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index