Pusat Buat Kebijakan Lagi

Wah...Bumil dan Anak-anak di Daerah Terpapar Asap Dievakuasi Layaknya Operasi Militer

Wah...Bumil dan Anak-anak di Daerah Terpapar Asap Dievakuasi Layaknya Operasi Militer
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan (kompas.com)

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Pasca rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Jumat (23/10/2015) kini Pemerintah kini pemerintah mulai  menyiapkan langkah evakuasi warga yang wilayahnya terdampak asap. Menurut Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan  evakuasi ini akan dilakukan seperti operasi militer.

"Besok kita pergi ke daerah, dan semua persiapan kita lakukan dengan cermat. Kami melakukan seperti operasi militer," ujar Luhut usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2015).

Luhut mengaku akan mengerahkan sebanyak-banyaknya personel Polri dan TNI untuk menanggulangi kebakaran hutan dan proses evakuasi.

"Semua ikut berperan, saat ini  sudah hampir 1.000 atau 2.000 atau bahkan lebih dengan polisi. Namun jika  diperlukan, unsur tempur pun kita kerahkan untuk membantu rakyat kita," jelas Luhut dikutip Detikcom.

Dijelaskan Luhut, rencana evakuasi ini masih diperhitungkan. Upaya ini diprioritaskan bagi anak-anak dan perempuan. "Ini tidak massal, hanya kepada anak kecil dan bayi," kata Luhut.
"Itu perintah presiden, karena betul-betul kita tidak mau main-main dengan ini. Jadi saya terus terang melakukan perencanaan dengan dasar operasi militer untuk kemanusiaan," imbuh Luhut.(RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index