Menteri Senang, Pelalawan Dihadiahi 10 Mesin Pompa

Panen Raya 5.000 Hektare Padi di Kuala Kampar, Bupati Undang Menteri Hadir

Panen Raya 5.000 Hektare Padi di Kuala Kampar, Bupati Undang Menteri Hadir
Bupati Pelalawan HM Harris saat memberikan paparan terkait panen raya padi di Kuala Kampar.
JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Bersempena  persiapan panen raya padi di Kuala Kampar, Bupati Pelalawan, HM Harris berkunjung khusus ke kantor Kementerian Pertanian RI di Jakarta. 
 
Bupati juga berdialog khusus tentang pengembangan sentra pertanian di Kuala kampar yang saat ini sudah membuahkan hasil. Bupati juga mengundang Menteri pertanian, Andi Amran Sulaiman untuk ikut bersama melaksanakan panen raya seluas 5.000 hektare lahan pertanian padi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 
 
Menteri pertanian, Andi Amran Sulaiman juga sumringah dengan laporan yang diberikan terkait perkembangan sektor pertanian di Kuala kampar. Karena itulah, Mentan juga langsung menghadiahkan 10 unit mesin pompa air dan 3 unit traktor yang diharapkan bisa digunakan untuk mendukung percepatan pengembansan santra pertanian padi di Kuala kampar.
 
Dalam pemaparannya, Bupati Pelalawan, HM harris menyebutkan kalau Pemkab pelalawan mencadangkan lahan seluas 9.000 hektare untuk pengembangan kawasan pertanian padi di Kuala kampar.Hal tersebut merupakan bagian daroi komitmen Pemkab kampar di bawah kepemimpinannya untuk menjadikan Kuala Kampar sebagai sentra pertanian tanaman pangan jenis padi. 
 
peningkatan hasil padi tersebut tidak terlepas dari cara bercocok tanam yang mana selama ini memakai pola manual tradisional menjadi cara mesinisasi.
 
"Kami Pak Menteri, di Kabupaten Pelalawan sudah mempunyai Unit Pelayanan Jasa (UPJ) Alat Mesin Pertanian (Alsintan)," kata Harris lagi.
 
UPJAlsintan kembali diterangkannya bahwa itu merupakan tempat untuk memproduksi alat mesin pertanian, sehingga pertanian di Pelalawan hampir dipastikan cara pengolahannya sudah tidak tradisional lagi.
 
"Kita sudah masuk cara modren dalam teknik bertani," kata Dia lagi.
 
Lanjut Dia lagi, Panen Raya ini akan dilakukan di areal pertanian seluas hamparan 5000 Ha.
 
"Panen Raya ini juga sekaligus pengenalan 3 varietas padi lokal unggulan yang dihasilkan Dinas Pertanian," kata Bupati kembali.(R11/i) 
 

Listrik Indonesia

#Pelalawan

Index

Berita Lainnya

Index