Masa Bhakti 2016-2021

Bupati Syamsuar Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak

Bupati Syamsuar Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak
Bupati Syamsuar saat melantik Pengurus Karang Taruna Siak
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Bupati Siak Drs. H. Syamsuar M.Si secara resmi melantik sebanyak 72 orang Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021. Yang di gelar di Gedung Tengku Mahratu, kemarin.
 
Hadir dalam acara tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan ST, Ketua I Karang Taruna Provinsi Riau Andi Kasman, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan yang sekaligus juga sebagai Ketua Demisioner Karang Taruna Kabupaten Siak, Ketua Panitia Beri Samudra, Unsur Muspida Kabupaten Siak, dan LSM.
 
Berdasarkan keputusan Bupati Siak Nomor 530/HK/KPTS/2016 tentang pengukuhan pengurus karang taruna kabupaten siak masa bakti 2016-2021, menimbang bahwa Temu Karya Daerah II Karang Taruna Kabupaten Siak untuk kepengurusan masa bakti 2016-2021 telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 12 november 2016 dan ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Temu Karya Daerah II Karang Taruna Kabupaten Siak Nomor : 05 KEP-04/TKD-III/KT/MRT/XI/2016 tentang pemilihan ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021 juncto Surat Keputusan Tim Formatur Nomor : 06 KEP-05/TKD-III/KT/MRT/XI/2016 tentang Susunan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021.
 
Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan ST menjelaskan bahwa karang taruna merupakan tempat berkreatifitas, tempat untuk membentuk generasi-generasi pemuda melalui wadah karang taruna. tujuan dari karang taruna adalah bagaiman membentuk karakter jiwa yang unggul, membentuk individu yang berkreatif, dan membentuk pemuda yang inovatif. 
 
"Salah satu tujuannya adalah bagaimana generasi-generasi muda mampu berkreatif, mampu membuaat inovatif, mampu memunculkan sesuatu gagasan baru dan ide-ide baru untuk memajukan pemuda-pemuda yang ada di kampung-kampung" ujarnya.
 
Kemudian ia juga ungkapkan bahwa karang taruna kabupaten Siak akan membuat kelompok usaha bersama.
 
"Kami ingin membuat sebuah gerakan bersama, seperti yang diinginkan pak bupati bahwa pemuda-pemuda kita di kampung hari ini harus bisa berfikiran inovatif dan kreatif. Oleh karena itu kami berazam karang taruna kabupaten siak akan membentuk kelompok usaha bersama di masing-masing kecamatan minimal 1 dulu," jelas Ikhsan
 
"Dengan kondisi keuangan kita yang sekarang, kita tidak bisa lagi berharap dari anggaran pemerintah, anggaran APBD, oleh karena itu kita harus mampu berinovasi terutama kawan-kawan yang ada di kampung. Misalnya kita manfaatkan lahan yang ada di kampung untuk bercocok tanam, ini adalah bagian dari upaya kita memberdayakan dan membuat terobosan baru bagaiman kita menciptakan enterpreneurship pada kawawan-kawan karang taruna yang ada di kampung-kampung," tambahnya.
 
Sementara itu Bupati Siak Syamsuar ucapkan selamat kepada pengurus karang taruna periode 2016-2021.
 
"Selamat kepada pengurus yang baru, mudah-mudahan harapan saya dengan apa yang disampaikan tadi karang taruna ini mampu bersaing dan siap serta kreatif untuk menciptakan usaha-usaha sendiri baik sebagai pemuda tani, baik berkaitan dengan usaha-usaha kreatif dan brwirausaha dengan kemampuan dia sendiri" jelasnya.
 
Selanjutnya Bupati menjelaskan bahwa pemerintah daerah menyiapkan suatu lembaga yang dulunya menyatu dengan dinas pariwisata pemuda dan olahraga yang namanya sekarang adalah dinas pemuda dan olahraga.
 
"Apa yang kami ambil dari sini, terutama adalah perhatian terhadap pemuda. Dinas pemuda dan olahraga ini ada dua yang menjadi konsep pembangunannya. Yang pertama pembangunan pemuda dan yang kedua pembangunan olahraganya," ujarnya.
 
Kemudian juga ia mengungkapkan bahwa untuk hal dalam pembinaan olahraga di Kabupaten Siak tidak ada kegaduhan, melainkan dalam hal pembinaan pemudanya ia merasa kurang puas.
 
"Saya katakan kalau pembinaan olahraga di siak ini tidak gaduh lagi saya, kita sudah siap bertanding dengan siapa saja dan memang banyak prestasi kita baik di nasional maupun internasional. Tetapi dalam hal pembinaan kepemudaan saya belum puas, karena saya ingin memang pemuda siak ini mandiri, karena kalau saat ini kita hanya mengharapkan dana dari pemerintah daerah tidak sebanyak yang kita harapkan kalau kita tidak berusaha secara mandiri, nyatanya anak-anak daerah lain mereka bisa mandiri kenapa kita tidak bisa, sekarang tergantung kepada kemauan dan kemampuan, yang penting itu mau, kalau mampu bisa belajar kalau tak mau itu yang susah," ungkapnya.
 
"Karena itulah kami menjajaki tempohari dengan badan ekonomi kretif pusat bagaimana melihat Siak ini sebenarnya terhadap usaha-usaha ekonomi kreatif. Dari apa yang dilihat yang waktu itu kita lakukan adanya fokus grup, 
dari berbagai usaha ekonomi yang ada di siak ini dari 16 sub sektor yang dikatakan usaha ekonomi kreatif itu semuanya ada di siak tapi yang terbanyak ada 5 subsektor, dan yang 5 ini barangkali menjadi focus sub sektor fokus perhatian kita karena membangun sebuah daerah destinasi wisata tidak terlepas dari usaha ekonomi kreatif," tutupnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index