ADA ISU CABAI BERFORMALIN... Disperindag akan Lakukan Pengawasan

ADA ISU CABAI BERFORMALIN... Disperindag akan Lakukan Pengawasan
Mas Irba Sulaiman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Isu cabai berformalin mencuat kepermukaaan. Hal ini muncul karena harga cabai terus melambung di pasaran.
 
Penggunaan formalin pada bahan pangan memang dilarang Pemerintah, sebab kandungan zat di dalam bahan pengawet tersebut apabila terkonsumsi bisa membahayakan kesehatan.
 
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Masirba Sulaiman, ketika dikonfirmasi terkait persoalan ini mengatakan, untuk membuktikan cabai diberi formalin merupakan tugas kewenangan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sebab yang diberi formalin adalah objeknya.
 
"Yang dikasih formlin objeknya, jadi ini tugas BPOM, tugas Disperindag terhadap ketersedian dan harga. Namun informasi ini kita terima, diteruskan ke pimpinan untuk melakukan pengawasan," ungkap Irba, Senin, 23 Januari 2017.
 
Meski isu cabai berformalin tengah santer di masyarakat, Kabid Perdagangan menjamin di Kota Pekanbaru tidak ada cabe berformalin. 
 
"Kemungkinan besar tidak ada di Pekanbaru tidak ada, kita tegas memberikan sanksi bagi pedagang yang berbuat curang," paparnya
 
Irba menjelaskan, ciri-ciri cabai yang diberi formalin diantara, tampak segar, mengkilat dan keras. Ia menghimbau masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dan teliti ketika membeli.
 
"Bila masyarakat mememukan ciri cabe seperti itu, maka sebelum mengolahnya disirim menggunakan air panas. Kita imbau juga teliti dalam memberi barang, jangan tergiur karena harga," imbaunya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index