AJARKAN SISWA MANDIRI... Pengurus Islamic Center Siak Gelar Perkemahan Pramuka

AJARKAN SISWA MANDIRI... Pengurus Islamic Center Siak Gelar Perkemahan Pramuka
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka untuk membentuk  Kepribadian para siswa yang mandiri, Yayasan Islamic center Kabupaten Siak menggelar kegiatan Perkemahan Kepramukaan.
 
"Kegiatan ntersebut dilaksanakan sejak pada Kamis, 19 Januari 2017 kemarin yang bertempat di lapangan Islamic center Siak." ujar pengurus Islamic Center Drs H Rasyid Suharto kepada wartawan Rabu, 25 Januari 2017.
 
H. Rasyid menyebutkan Acara perkemahan ini rutin diselenggarakan setiap tahun  yang diikuti oleh siswa kelas 4-6. 
 
Pada upacara pembukaan, dihadiri oleh Ka Kwaran Kecamatan Siak, Hj. Nurani Pane, S.Pd untuk membuka kegiatan Perkajusa yang bertemakan “Tingkatkan Persatuan, Kedisiplinan dan Ketrampilan demi terbentuknya Insan yang beriman dan bertaqwa melalui Gerakan Pramuka.”
 
Aneka kegiatan lomba digelar mulai hari jum’at, yang diawali dengan lomba Master Chef. Master Chef adalah lomba memasak antar regu, menu yang dilombakan adalah menu Nasi Goreng dan minuman. Siswa harus membawa bahan masakan mentah. Bersama anggota regunya para siswa belajar untuk membuat menu yang sehat, enak dan bergizi.
 
Selain lomba master chef, siswa juga mengikuti lomba pembuatan Hasta Karya. Membuat karya bermanfaat dari bahan bekas/daur ulang. Siswa berkompetisi dengan sehat untuk menampilkann daya kreativitas dan inovasi yang dimiliki. 
 
Untuk mengasah kecakapan siswa tentang kepramukaan, siswa mengikuti lomba pengetahuan kepramukaan, Lomba menyanyikan himne pramuka, PBB Stok yang di meriahkan dengan yel-yel dengan penuh semangat.
 
Pada malam harinya, agenda yang dinanti adalah Api Unggun. Seluruh siswa mengelilinggi api unggun dan dengan hikmat mengikuti rangkaian upacara penyalaan api unggun. 
 
Dalam amanatnya Kamabigus SD Sains Tahfizh, Anisa Fitri Nurhalida,S.Kom menyampaikan bahwa agar menjadi pramuka sejati yang bisa menepati janji dalam Dasa Darma, maka hal yang harus diaplikasikan dalam jiwa adalah kebersihan hati, yang akan membuat fikiran juga bersih dari prasangka, tercermin dalam perilaku bersih yang santun serta tubuh yang senantiasa dijaga kebersihannya serta lingkungan yang bersih. 
 
Karena pramuka sejati akan menjadi pemimpin di masa depan. Harus menjadi generasi islam yang mampu memimpin dunia.
 
Suasana yang hikmat menjadi ceria setelah upacara usai, siswa meneruskan kegiatan pentas seni dengan penampilan seni kreatifitas yang disaksikan juga oleh orangtua/wali murid. Semua ceria, tertawa dengan bahagia. Menikmati kebersamaan yang Allah anugerahkan. 
 
Esok paginya setelah sholat shubuh, siswa melakukan senam pramuka, Namire dan pinguin. Keceriaan, kesegaran menjadikan tubuh lebih sehat. Kegiatan yang ditunggu berikutnya adalah Hiking, petualangan di alam yang melatih ketangguhan siswa dalam tantangan penjelajahan dan kerjasama yang kuat.
 
Ketua Gudep SD Sains Tahfizh, Pupung perdana, S.HI menyampaikan bahwa kegiatan perkajusa ini adalah salah sattu program sekolah bidang kesiswaan yang betujuan untuk melatih siswa belajar mandiri, bertanggung jawab, berfikir cerdas, berempati dan peduli. 
 
Kegiatan perkajusa ini juga melibatkan Adik-adik penegak dari SMU Sains Tahfizh, untuk melatih leadership mereka dalam membimbing adik kelasnya. Serta kakak-kakak pembina dari Kwaran Siak yaitu Kak parman, kak Tony, dan Kak Kuntoro. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index