WASPADA...Baru Bulan Januari, 40 Kasus DBD Terjadi di Rohul

WASPADA...Baru Bulan Januari, 40 Kasus DBD Terjadi di Rohul
Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit, dr Bambang
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Penyakit demam berdarah (DBD)  saat ini banyak menyerang warga di Kabupaten Rokan Hulu.
 
Hingga  Rabu, 25 Januari 2017 data yang dihimpun dari Bidang  Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Rokan Hulu tercatat sudah ada sebanyak 40 kasus penyakit demam berdarah yang ditangani oleh Puskesmas se Rokan Hulu. Bahkan, diduga kuat salah seorang warga di Kecamatan Bangun Purba meninggal akibat serangan penyakit demam berdarah tersebut meski telah berikan pertolongan medis.
 
Menjawab Riausky.com, Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dr Bambang menjelaskan, bahwa masyarakat memiliki peran penting dalam memberantas munculnya penyakit demam berdarah.
 
" Warga dapat berpartisipasi dalam melakukan pembersihan lingkungan dan melaksanakan program 3 M, menguras, menutup tempat penampungan air serta mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypty sebagai jentik yang menyebabkan demam berdarah." Jelas Bambang.
 
Diungkapkan Bambang, pemberantasan sarang nyamuk dilingkungan pemukiman warga tidak tidak mungkin dilakukan oleh petugas kesehatan. Akan tetapi, kepedulian kebersihan itu juga perlu dilakukab oleh warga itu sendiri.
 
Sejauh ini, untuk mengantisipasi meluasnya penyakit demam berdarah di Rokan Hulu, Dinas Kesehatan sudah menyurati setiap Puskesmas untuk melakukan tindakan dilapangan. Seperti pemberantasan sarang nyamuk dan melakukan fooging.
 
Sebagai perbandingan, tahun 2016 lalu terjadi 201 kasus demam berdarah. Diharapkan kasus demam berdarah ini tidak kembali terulang. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index