Pasca OPD Baru, Disparbud Kampar Fokus Bangun Sektor Pariwisata

Pasca OPD Baru, Disparbud Kampar Fokus Bangun Sektor Pariwisata
Air Terjun Lubuk Bigau di Kampar Kiri Hulu
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) – Sejak dipisah berdasarkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang barudikukuhkan dua pekan lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar fokus akan mengelola dan membangun sektor pariwisata. 
 
Sebelumnya dinas ini gabung dengan pemuda dan olahraga dengan nama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar H Syamsul Bahri dalam bincang-bincangnya dengan wartawan baru-baru ini mengatakan, pariwisata adalah salah satu sektor yang sedang digalakkan pemerintah untuk mendatangkan devisa.
 
Sektor ini diyakini menjadi sumber pemasukan bagi daerah yang memiliki potensi pariwisata. Khusus untuk Kabupaten Kampar di tahun 2017 ini akan fokus membenani dan membangun wisata sejarah, wisata alam maupun wisata religi.
 
Diantaranya lokasi Masjid Jami' Air Tiris di Kecamatan Kampar, Candi Muara Takus dan Danau PLTA Koto Panjang di Kecamatan XIII Koto Kampar, Pacu Sampan di Desa Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu, Air Terjun Lubuk Bigau di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Istana Gunung Sahilan di Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar Kiri dan objek wisata lainnya, termasuk yang baru muncul.
 
Syamsul menambahkan, di Danau Rusa atau Danau PLTA Koto Panjang, Pemkab Kampar telah punya 40 hektar lahan yang telah dibuatkan master plannya untuk dijadikan sebagai lokasi wisata masa depan. Di  sini terdapat wisata air, alam maupun permainan. 
 
"Dan ini perlu di Perdakan dulu agar tidak ada pihak lain yang menggugat lahan ini,” tegas Syamsul.
 
Syamsul berharap dengan bekerjasama dengan pihak tekait lainnya dan kerja keras semua sektor maka sektor pariwisata di Kampar bisa lebih maju dan menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)  bagiNegeri Serambi Mekah Riau. (R10/Skc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index