Dipimpin Bupati HM Harris, Pemkab Pelalawan dan BPKP Lakukan MoU Pengembangan Manajemen Pemerintahan

Dipimpin Bupati HM Harris, Pemkab Pelalawan dan BPKP Lakukan MoU Pengembangan Manajemen Pemerintahan
Suasana penandatanganan MoU Pemkab Pelalawan dan BPKP Riau.
PELALAWAN (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Riau (BPKP) melakukan penandatangan Nota kesepahaman kerjasama (MoU) bidang pengembangan manajemen pemerintah daerah, Senin, 30 Januari 2017.
 
Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Lantai III Kantor Bupati Pelalawan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris, Kepala BPKP Riau Dikdik Sadikin, Sekdakab Pelalawan Drs H Tengku Mukhlis MSi, para Asisten, Kepala Inspektur Pelalawan H Edi Suriandi, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Pelalawan.
 
Dalam sambutannya, Kepala BPKP Perwakilan Riau Dikdik Sadikin mengatakan, bahwa BPKP merupakan Internal Auditor yang memiliki pengasawan luas. Dimana dalam tugasnya, BPKP lebih mengedepankan tindakan prefentif agar kedepannya tidak terjadi permasalahan hukum yang mungkin akan dihadapi oleh pemerintah daerah.
 
"Jadi, kedepannya kami akan merubah paradigma tentang BPKP sebagai momok yang menakutkan bagi pemerintah daerah menjadi BPKP yang menyenangkan dan mitra kerja yang bersahabat bagi pemerintah daerah. Selain itu, auditor internal harus memiliki early warning system atau system peringatan dini untuk melakukan pendampingan secara baik," ujarnya.
 
Lanjutnya, Nota kesepahaman (MoU,red) ini bertujuan, untuk mengembangkan manajemem pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan. Dimana kegiatan yang menjadi ruang lingkup naskah kesepakatan antara lain pengelolaan keuangan daerah, pengembangan dan penyelenggaraan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda).
 
"Kemudian, penyelenggaraan pengembangan dan peningkatan kapasitas aparat pengawasan intern pemerintah daerah, pengembangan dan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pengadaan barang dan jasa serta bantuan lainnya. Untuk itu, kita berharap dengan adanya MoU ini, kedepannya pengembangan manajemen pemerintahan Kabupaten Pelalawan dapat berjalan lebih baik lagi," sebutnya. 
 
Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, dirinya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Riau yang telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Pelalawan dalam mengawal pemerintahan dan pembangunan daerah di Kabupaten Pelalawan.
 
Dan dengan adanya MoU ini, diharapkan akselerasi pembangunan di Kabupaten Pelalawan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta tidak berkendala dengan prosedur-prosedur hukum yang ada. (R07/mc)

Listrik Indonesia

#Pelalawan

Index

Berita Lainnya

Index