Populasi Bertambah, Pemkab Akan Evakuasi Keberadaan Rusa di Perumahan Abdi Praja

Populasi Bertambah, Pemkab Akan Evakuasi Keberadaan Rusa di Perumahan Abdi Praja

SIAK (RIAUSKY.COM)– Pemkab Siak sedang berencana memindahkan kandang rusa di kompleks perumahan Abdi Prasja Siak. Pasalnya, sejauh ini jumlah populasi rusa di kawasan  ini sudah mengalami pertambahan yang cukup besar.

Rencana pemindahan “Kandang Rusa” yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Siak pada beberapa bulan ke depan. 
 
Ada beberapa alasan yang cukup masuk akal dan menggembirakan, mengingat saat ini jumlah Rusa yang dikandangkan (dikembangbiakkan, red) di sekitar komplek perumahan Abdi Praja Siak sudah terlalu banyak. Dan sudah tidak memungkinkan lagi jika Rusa-rusa itu tetap dibiarkan di tempat yang lama.
 
Pemda Siak berencana akan segera mengambil kebijakan dengan melakukan pemindahan “Kandang Rusa” di tempat yang baru, yakni di lokasi Hutan Taman Kota yang berjarak sekitar 500 meter dari Gedung Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak.
 
Pantauan awak media di lapangan, saat ini Pemda Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak sedang menyiapkan segala sesuatunya di lokasi Hutan Taman Kota Siak. Yakni dengan mengerahkan 2 unit alat berat untuk melakukan pembersihan di lokasi yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat “Kandang Rusa” yang baru.
 
Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin. Dirinya menyebutkan bahwasanya Rusa-rusa yang saat ini dikandangkan di komplek Perumahan Abdi Praja sudah berjumlah sebanyak 19 ekor, sehingga Rusa-rusa itu harus segera dipindahkan ke tempat yang baru, karena di tempat yang lama sudah tidak layak dan sudah sangat tidak memungkinkan.
 
Iya, Rusa-rusa yang saat ini ditempatkan (dikandangkan, red) di sekitar Perumahan Bupati akan segera kita pindahkan ke arah Taman Kota dekat Kantor DPRD, karena di lokasi Perumahan Bupati sudah tak layak lagi,” terang Irving, Jum’at (3/2/2017) kepada Infosiak.com.
 
Selama ini, keberadaan Rusa-rusa yang dikandangkan di sekitar komplek Perumahan Abdi Praja Siak itu, telah menjadi bagian dari wahana obyek wisata di Kota Siak. Sehingga hampir seluruh pengunjung (wisatawan, red) yang datang ke Kabupaten Siak berkeinginan untuk melihat dan berselfi-selfi ria bersama Rusa-rusa yang ada di sana. Namun, karena keterbatasan fasilitas yang dikhawatirkan bisa berdampak buruk bagi kelangsungan hidup Rusa-rusa tersebut, maka Pemda Siak berencana akan segera melakukan evakuasi terhadap Rusa-rusa itu ke tempat yang lebih strategis dan lebih memadai.
 
“Saat ini fasilitas di lokasi Kandang Rusa itu sudah sangat tidak memadai, selain sempit juga panas. Bahkan jumlahnya sekarang sudah mencapai 19 ekor, dan rumput yang ada di sekitar “Kandang Rusa” samping Perumahanan Bupati juga sudah kering, sehingga kita semua khawatir jika tidak segera dipindahkan, nantinya Rusa-rusa kesayangan kita itu bisa mati,” lanjutnya.
 
Dengan dipindahkannya “Kandang Rusa” dari Komplek Perumahan Abdi Praja Siak ke lokasi Hutan Taman Kota itu, nantinya diharapkan akan dapat menambah wahana tempat wisata di Kota Siak Sri Indrapura.
 
“Dengan dilakukannya pemindahan ke tempat yang baru, diharapkan ke depan Taman Kandang Rusa itu dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, dan akan menambah wahana tempat wisata di Kota Siak,” tutupnya.(R09/ifc) 
 

Listrik Indonesia

#Siak

Index

Berita Lainnya

Index