Kacab PKPU Pekanbaru Monitoring Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP) di Kelurahan Tuah Negeri

Kacab PKPU Pekanbaru Monitoring Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP) di Kelurahan Tuah Negeri
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Cabang PKPU Pekanbaru melakukan monitoring program Keluarga Multi Penghasilan (KMP) di Kelurahan Tuah Negeri yang merupakan pemekaran dari salah satu Kelurahan Sail yang baru dibentuk, kemarin.
 
KMP adalah sebuah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian suatu keluarga. Program ini dilakukan dengan cara membentuk beberapa unit usaha yang nantinya akan dikelola oleh masing-msing anggota keluarga, sehingga dapat menciptakan multi income untuk keluarga tersebut. 
 
Program ini telah berjalan selama 7 bulan semenjak Mei 2016. Sebanyak 72 Keluarga sebagai penerima manfaat melalui program keluarga Multi Penghasilan. Sebagian besar keluarga juga telah mendapatkan intervensi bantuan modal untuk 1 unit usaha dan setiap 2 kali sebulan mendapatkan pendampingan berupa mentoring bisnis dari fasilitator program.
 
Dalam monitoringnya hari ini, Kepala Cabang PKPU Pekanbaru Afrizal Mushavi melakukan pengawasan dan supervisi program yang sedang dilakukan oleh fasilitator di lapangan. Sebut saja Romi salah satu fasilitator, yang mendapatkan supervisi langsung oleh kepala cabang yang sedang melakukan mentoring bisnis dikelompok KMP RW 03 Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya. 
 
Fasil romi memberikan mentoring bisnis mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan keluarga dengan baik agar mampu mengendalikan uang pengeluaran dan yang pendapatan keluarga dari hasil bisnis yang telah dijalankan. 
Setiap penerima manfaat harus benar dan teliti dalam melakukan pengelolaan keuangan keluarga agar tidak terjadi pengeluaran berlebih atau dengan istilah “Besar Pasak daripada Tiang”. 
 
Fasil Romi juga mengatakan “mentoring ini sudah berjalan yang ke 4 kalinya pendampingan. Sebelumnya beberapa materi mentoring bisnis telah disampaikan kepada penerima manfaat program. 
 
"Materi-materi yang telah disampaikan yaitu 1. Bagaimana menyusun usaha dengan strategi biaya hitung produksi dan bisnis dengan model canvas (MBK dan BHP), 2. Bagaimana melakukan pengelolaan ekonomi dalam rumah tangga, dan 3. Bagaimana melakukan manajemen ekonomi dalam rumah tangga," ujar Romi. 
 
Diwaktu yang sama, ditempat yang lain yaitu gabungan RW 26 dan 03, fasil lainnya yaitu Aditya juga sedang melakukan mentoring bisnis kepada penerima manfaat program ini. Sebanyak 16 penerima manfaat dari 20 keluarga yang berkesempatan mengikuti mentoring ini. Warga begitu antusias mengikuti mentoring ini. Karena program ini sangat dirasakan manfaatnya serta memberikan perubahan dalam ekonomi keluarga menjadi lebih baik.   
 
Kepala Cabang PKPU, Afrizal Mushavi juga menyampaikan “Diharapkan setiap keluarga dapat komitmen dan konsisten dalam mengikuti program mentoring bisnis ini. Agar setiap permasalahan yang dirasakan saat menjalankan usaha, saling dapat membantu untuk mencari solusi serta peduli antar sesama keluarga penerima manfaat program KMP. Karena program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan keluarga untuk terus  berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Semoga program berjalan baik dan bias berkembang di tempat-tempat lain," ucap Afrizal Mushavi. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index