INDOMARET HADIR BENGKALIS, Kadin Berharap Tak Matikan Pedagang Kecil

INDOMARET HADIR BENGKALIS, Kadin Berharap Tak Matikan Pedagang Kecil
Masuri SH
BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Keberadaan toko moden Indomaret di Pulau Bengkalis memang menjadi berkah tersendiri bagi para pencari kerja khusus anak tempatan. Namun disisi lain, keberadaan Indomaret kini menjadi perbincangan karena beroperasi tanpa izin Pemerintah setempat. 
 
Ditambah lagi, semakin hari Indomaret semakin menjamur, saat ini sudah ada 4 unit pertokoan Indomaret. 3 di kota Bengkalis dan 1 di Selat Baru. 
 
Menanggapi hal tersebut, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kabupaten Bengkalis Masuri SH mengatakan, dari awal Kadin keberatan adanya Indomaret di Bengkalis, mengingat dari aspek apapun Bengkalis belom cocok adanya pertokoan sejenis Indomaret.
 
"Tetapi Kadin tidak mampu membendung itu karena ini merupakan wewenang pemerintah. Kalau Pemerintahnya tidak melarang dan memberi izin kita mau bilang apa. Cuma kadin berharap keberadaan Indomaret tidak mematikan usaha-usaha kecil disekitarnya," ungkap Masuri, kemarin.
 
Diutarakannya, keberadaan Indomaret pasti berdampak pada usaha kecil disekitar. Kendati demikian, imbuhnya, harus adanya langkah-langkah konkrit Pemerintah kepada Indomaret untuk menjaga stabilitas dari pada pedagang kecil. 
 
"Memang ada (usaha kecil) mengadu Kadin, namun Kadin tidak bisa berbuat apa-apa karena pemerintah sendiri mengizin itu buka. Kalau memang itu tidak ada izin kenapa dibiarkan, seharus pemerintah tegas,"sebut Masuri. 
 
Diakuinya, Indomaret merupakan sebuah usaha yang berada dibawah Kadin, namun memikirkan dampak menjamurnya Indomaret berimbas pada pedagang kecil membuat Kadin merasa keberatan keberadaan Indomaret di Bengkalis. 
 
"Memang ini sulit namun kita harus memikirkan usaha lainnya, apalagi selama ini kita mengutamakan ekonomi kerakyatan," pungkasnya. (R14/Boc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index