Pemkab Pelalawan Bakal Bangun Pelabuhan Samudera di Desa Sokoi

Pemkab Pelalawan Bakal Bangun Pelabuhan Samudera di Desa Sokoi
Bupati Pelalawan saat berada di Desa Sokoi beberapa waktu lalu
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan berencana membangun akan pelabuhan samudera di Desa Sokoi Kecamatan Kuala Kampar. 
 
Dimana rencana pembangunan pelabuhan yang akan dibangun secara bertahap dengan menggunakan anggaran pendapat belanja daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan ini, guna menampung kapasitas di pelabuhan eksisting di Desa Sokoi yang mengalami peningkatan kedepannya nanti.
 
"Ya, jika tidak ada aral melintang, maka Insya Allah pada akhir tahun 2017 ini, kita akan mulai membangun pelabuhan samudra di Desa Sokoi kecamatan Kuala Kampar. Dimana untuk saat ini, kita tengah melakukan studi kelayakan kerjasama dengan konsultan dari Bandung. Sedangkan rencana pembangunan pelabuhan ini nantinya, merupakan pelabuhan bertaraf internasional atau pelabuhan samudera. Dan selain untuk menampung kapasitas di pelabuhan eksisting di Desa Sokoi yang mengalami peningkatan kedepan nantinya, rencana pembangunan pelabuhan ini juga dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat untuk membuka akses transportasi Internasional di wilayah perairan Kabupaten Pelalawan yang bersebrangan dengan Negara Malaysia dan Singapura," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan Tengku Ridwan Mustaffa SH MH, Selasa (14/2) di Pangkalankerinci. 
 
Lanjutnya, masterplan pembangunan pelabuhan tersebut rampung dilakukan oleh Pemkab Pelalawan. Dan tujuan lain dibangunnya pelabuhan tersebut, juga dalam rangka mendukung atau mensinkronkan pembangunan kawasan teknopolitan dan pariwisata di Kabupaten Pelalawan.       
 
"Dan pembangunan tersebut untuk tahap awal menggunakan dana dari APBD Pelalawan tahun 2017.  Dimana pembangunan Pelabuhan samudera tersebut akan direalisasikan secara bertahap. Sedangkan untuk tahap awal, kita bangun pelabuhan Speed, selanjutnya pelabuhan Roro dan pelabuhan peti kemas," sebutnya.
 
Ditambahkannya, bahwa saat ini lahan pembangunan pelabuhan tersebut telah disiapkan pihaknya dengan luas 20 hektar. Dimana lahan pembangun pelabuhan tersebut merupakan hibah dari masyarakat Sokoi yang mendukung rencana pembangunan pelabuhan tersebut demi kemajuan pembanunan di Negeri Amanah ini. (R09/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index