10 Ribu Masyarakat Riau Jadi Penerima Manfaat Kegiatan PKPU Pekanbaru

10 Ribu Masyarakat Riau Jadi Penerima Manfaat Kegiatan PKPU Pekanbaru
Para penerima manfaat dari PKPU Pekanbaru
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)
PKPU atau Pos Keadilan Peduli Umat Pekanbaru telah memberikan karyanya kepada masyarakat Riau sebanyak kurang lebih 10.000 penerima manfaat. 
 
PKPU Pekanbaru yang beralamat di Jalan Paus Ujung No 1B Kel. Tangkerang Barat Keamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, dalam karyanya memberikan manfaat melalui program-program kemanusiaan.
 
Ada 2 segmen penerima manfaat yang telah dibangun oleh PKPU melalui programnya. Pembangunan masyarakat secara QOL (Quality of Life) yaitu program pemberdayaan yang memberikan pendampingan secara terus menerus , dan secara non Qol (non Quality Of Life) yaitu memberikan kebutuhan dasar langsung melalui program Charity. 
 
PKPU telah memberikan 2 Program pemberdayaan dalam upaya meningkatkan manusia secara QOL. Program ini terangkum dalam program KLASTER BERDAYA yang mencakup pada Program Pendidikan dan Program Ekonomi. Adapun program Pendidikan yang telah dilakukan PKPU adalah program “Beadedikasi Guru”. 
 
Sebanyak 6 guru mengabdi dan mengajar ke 3 sekolah pelosok Desa Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebanyak 297 siswa/i yang terdiri dari 3 sekolah ini, telah mendapatkan ilmu pendidikan dari program beadedikasi guru ini. 
 
Hal yang menjadi dasar dilaksanakannya program ini adalah masih adanya kesenjangan tenaga pengajar yang mengajar di pelosok desa dan sedikitnya pengetahuan tenaga pengajar yang kompeten yang terpaksa direkruit menjadi tenaga pengajar karena kekurangan tadi sehingga kualitas pendidikan yang diberikan juga masih belum maksimal.  
 
Adapun program pemberdayaan lainnya yang telah dilakukan oleh PKPU yaitu Program KMP (Keluarga Multi Penghasilan). Program ini merupakan program bidang ekonomi dari Klaster Berdaya. 
 
Dalam program ini sebanyak 72 Penerima Manfaat yang terdiri dari keluarga inti telah mendapatkan bantuan modal usaha, pendampingan individu, mentoring bisnis kelompok serta penguatan motivasi bisnis. Ada 4 fasilitator pendamping yang terus memberikan pendampingan dan pemberdayaan keluarga untuk terus aktif meningkatkan kualitas ekonomi keluarganya. 
 
Selain program pemberdayaan yang memberikan pendampingan secara terus menerus dalam bentuk (QOL), program seperti non QOL yaitu program charity PKPU juga telah banyak memberikan bantuan langsung kepada masyarakat Riau. 
 
Program-program charity yang telah dilakukan PKPU yaitu Program bidang Kesehatan yaitu Program Khitanan Massal Gratis untuk keluarga kurang mampu, dan program Pembangunan Sarana MCK dan Jamban Sehat. 
 
Program pendidikan yaitu  Program Sejuta (Semarak Kejutan Perlengkapan Tas) bantuan seragam dan tas untuk siswa/I kurang mampu, Program School Kit, Program Wisata Yatim, Program Kafalah Yatim, dan Program Belanja Bareng Yatim di Zanafa dan Hypermart Mal SKA. Program-program lainnya penggalangan dana untuk bencana kemanusiaan di seluruh Indonesia baik di dalam negri maupun luar negri seperti program peduli Rohingya, Peduli Aleppo di Suriah, dan Peduli Palestina. 
  
Program-program ini dapat terlaksana, tak lepas dari kerjasama PKPU kepada pihak donatur baik itu donatur perorangan (ritel), donatur sekolah mitra tabung peduli, donatur komunitas seperti bem dan fsldk se-Riau, serta donatur perusahaan seperti Bank Indonesia, PT PLN WRKR dan P3BS, RIC, BNI Syariah dan lainnya. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index