CATAT NIH... Panwas Tak Bisa Sanksi ASN yang Terlibat Politik Praktis

Jumat,24 Februari 2017 | 14:05:51 WIB
CATAT NIH... Panwas Tak Bisa Sanksi ASN yang Terlibat Politik Praktis
Ket Foto : Indra Khalid Nasution
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pekanbaru  mengaku masih melakukan proses laporan adanya dugaan keterlibatan PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memenangkan salah satu Paslon.
 
Padahal sesuai UU ASN tidak dibenarkan ikut politik praktis.
 
Demikian disebutkan Ketua Panwaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution, Jum'at, 24 Februari 2017. 
 
“(Laporan) sedang diproses. Diproses dulu nanti paling lambat Sabtu keluar hasil dari Panwas bagaimana,” katanya.
 
Indra Khalid katakan aduan ASN terlibat menggiring masyarakat untuk memilih salah satu calon datang dari massa Gempur (gerakan masyarakat peduli dan jujur). 
 
Massa Gempur mengadukan dan memberikan bukti dugaan PNS di lingkungan Pemko Pekanbaru yang dikondisikan untuk memenangkan Paslon nomor urut tiga yakni Firdaus MT-Ayat Cahyadi.
 
Seperti adanya dugaan lurah yang terang-terangan mengajak masyarakat memilih paslon nomor urut tiga yang merupakan incumbent atau petahana. Bahkan sampai adanya foto salam tiga jari Kepala Dinas yang tersebar di media sosial (medsos).
 
Namun kata Indra Khalid menyampaikan semua itu masih bersifat dugaan. “Belum bisa memastikan. Terakhir ini laporan cuma keberpihakan ASN kebanyakan seperti yang saat demo itu yang dilaporkan. Kalau laporan ada empat ASN yang dilaporkan. Sedang proses, saksinya, terlapornya dipanggil semua,” katanya.
 
Jika memang terbukti ASN terlibat maka sanksi diserahkan kepada Pemko Pekanbaru. 
 
“Jadi gini, dalam aturan kalau terbukti Paslon melibatkan (ASN), baru Paslon kena, itu pidana. Tentu harus dicari dulu benang merahnya. Tapi kalau indikasinya ASN sendiri yang melibatkan diri, maka rekomendasi (Sanksi) ke atasannya. Panwas tidak bisa menghukum mereka,” sebutnya. (R05) 

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Pilwako Pekanbaru 2017 Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS