Longsor dan Banjir di Sumbar, Begini Respon PKPU HI Pekanbaru

Longsor dan Banjir di Sumbar, Begini Respon PKPU HI Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hujan deras yang mengguyur kabupaten limapuluh kota (3/03/2017) mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Hari kedua, 4 Maret 2017, kondisi banjir di Pangkalan KabUpaten 50 Kota sudah mulai surut. Seluruh warga sudah mulai kembali kerumah masing-masing untuk membersihkan rumah mereka.

Akses jalan menuju nagari dari payakumbuh sudah bisa dilalui. Longsor yg terjadi sudah ditangani menggunakan alat berat. Akses jalan dari Riau masih terputus di daerah perbatasan yang disebabkan jalan putus/amblas dan membutuhkan pembuatan jembatan.

Sehingga akses penyaluran logistik dari Riau masih sulit dan harus menyeberang menuju lokasi.

Tim PKPU saat ini sudah berada di lokasi daerah yg terdampak banjir, yaitu di titik Nagari Koto Alam. Di daerah ini terdapat 3 titik yang terdampak banjir: nagari pangkalan, nagari lubuk labuan, nagari manggilang. Sedangkan nagari alam yang terdampak tanah longsor.

Selain itu, terdata korban banjir di daerah Sopang 268 KK, P Anok 210 KK, Pasar Bakui 247 KK, Pasar Baru 70 KK, Pasar Usang 236 KK, Lekuk Gadang 166 KK, Lubuk Nago 215 KK, Koto Panjang 226 KK, Bj Ranah 150 KK dengan total keseluruhan 1788 KK (Sumber : Tim Tanggap Bencana Pangkalan).

"PKPU HI Pekanbaru telah melakukan koordinasi dengan stakeholder, walijorong, BPBD dan relawan dan mengasessment dampak banjir dan longsor. Tim juga melakukan aksi bersih-bersih fasilitas umum, trauma healing terhadap korban bencana juga membagikan makanan siap saji dan air mineral di lokasi bencana", Ucap Eko Kadiv DRM PKPU HI Pekanbaru.

Kebutuhan saat ini adalah Logistik,  Air bersih, hygiene kit (perlengkaan alat kebersihan, sabun), Kesehatan (Obat-obatan), pakaian, tikar, selimut,  Makan bayi dan Cooking set.

Untuk penanganan selanjutnya, tim PKPU HI Pekanbaru akan melakukan aksi bersih-bersih kembali terutama di tempat umum seperti sekolah dan tempat ibadah, mendistribusikan bantuan logistik, mengadakan pelayanan kesehatan dan pengadaan hygiene kit serta cooking set.

Untuk turut terlibat dalam aksi solusi peduli ini, bantuan bisa diberikan melalui rekening BSM 5051 6061 77 a.n PKPU Pekanbaru. Mari bergabung bersama PKPU HI Pekanbaru dan menjadi bagian dari solusi peduli. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index